KONSULTAN KLINIK
UNGGUL, +62 813-9864-6177, FAKTOR – FAKTOR MEMPENGARUHI PEMILIHAN HARGA
Konsultan Klinik Jakarta Barat, Konsultan Klinik di Jakarta Barat, Konsultan Klinik Cengkareng, Konsultan Klinik di Cengkareng, Konsultan Klinik Grogol Petamburan, Konsultan Klinik di Grogol Petamburan, Konsultan Klinik Kalideres, Konsultan Klinik di Kalideres, Konsultan Klinik Palmerah, Konsultan Klinik di Palmerah.
FAKTOR - FAKTOR MEMPENGARUHI PEMILIHAN HARGA
Bagi suatu perusahaan modern yang akan memperkenalkan dan mendistribusikan
produk dari baby shop yang baru untuk pertama kali di pasaran global, harga
jual produk merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis baby shop anda
untuk ditetapkan dengan maksimal dan seimbang dengan kebutuhan para konsumen.
Terlepas dari harga jual, kualitas suatu produk juga merupakan bagian yang
sangat penting agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya berdasarkan siapa
yang memiliki kualitas terbaik dalam produk yang dijualnya.
Harga jual sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi para
konsumen dalam keputusannya untuk membeli suatu produk. Para konsumen pasti
akan lebih memilih produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.
Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat menentukan harga jual produknya dengan
tepat. Jika harga yang ditentukan terlalu tinggi atau mahal maka konsumen tidak
ada yang ingin membeli. Jika harga yang ditentukan terlalu rendah atau murah
maka perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya.
Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual suatu produk yaitu:
1.Target konsumen
Perusahaan harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi
pelanggan perusahaan itu sendiri. Yang terpenting adalah pembagian konsumen
dari ekonomi kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual
yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke
bawah dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan. Jika konsumen lebih
mementingkan kualitas produk maka perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas
produknya dengan menetapkan harga yang relatif lebih tinggi sehingga keuntungan
yang diperoleh akan lebih besar.
Namun, jika konsumen lebih mementingkan harga jual produk maka perusahaan
dapat memilih kualitas bahan baku produk yang biasa sehingga harga produksi
tidak terlalu mahal namun diproduksi dengan berbagai variasi yang berbeda,
sesuai dengan tren zaman kini. Dengan begitu, harga jual produk akan relatif
lebih murah.
2.Harga jual produk pesaing
Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bagi sebuah perusahaan
untuk melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihat harga-harga produk
yang ditetapkan oleh pesaing-pesaing yang ada di pasaran.
Setelah mengetahui harga jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa
menentukan harga jual produk yang sama dengan para pesaing atau harga jual
produk yang lebih tinggi sedikit namun mengandalkan kualitas bahan baku yang
terbaik atau bisa juga harga jual produk yang lebih rendah sedikit namun dengan
kualitas bahan baku yang biasa dan disertai dengan beragam variasi yang
ditampilkan dibanding pesaing-pesaing lain hingga menarik perhatian konsumen.
3.Biaya hasil produksi suatu produk
Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dari awal pembuatan produk hingga
akhir produk tersebut diperjualbelikan, menjadi bagian terpenting dalam
menentukan harga jual suatu produk. Jangan sampai perusahaan mengalami kerugian
atas penetapan harga jual produknya.
4.Biaya produksi
Merupakan biaya yang dikeluarkan pada saat produk masih dalam tahap
produksi. Biaya produksi meliputi biaya bahan baku produk, biaya tenaga kerja
langsung, dan sebagainya.
5.Biaya pemasaran
Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan atau mempromosikan produk
baru sebuah perusahaan.
6.Biaya operasional
Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membuat bisnis sebuah perusahaan
tetap berjalan seperti biaya gaji karyawan, biaya listrik, biaya pam, biaya
telepon, iuran bulanan, iuran kebersihan, dan lain sebagainya.
7.Biaya pengiriman
Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman produk yang dijual oleh
produsen kepada konsumen. Namun sekarang, kebanyakan dari produsen yang
membebankan biaya pengiriman kepada konsumen. Hal ini dapat dilihat dari
transaksi jual beli online baik melalui web maupun aplikasi belanja.
8.Keuntungan dari penjualan produk
Selain faktor-faktor di atas, keuntungan atau laba yang akan didapatkan
perusahaan atas penjualan produknya juga menjadi faktor penting di dalam
menentukan harga jual produk hasil produksi. Perhitungan keuntungan yang akan
diperoleh harus bisa menjadi profit tersendiri bagi perusahaan agar tetap dapat
mengembangkan usaha bisnisnya dengan baik di kemudian hari.
9.Menentukan berapa pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut
Tetapkan target pendapatan untuk setiap bulannya. Yang dimaksud dari
pendapatan di sini bukan hanya kembalinya modal, akan tetapi semua pemasukan
yang anda peroleh yang bisa menutup semua biaya yang telah anda keluarkan serta
laba atau keuntungannya.
Tidak jarang para pengusaha salah mengartikan jika besarnya tingkat
penjualan itu dipengaruhi oleh harga jual produk saja, namun kenyataannya yang
menentukan adalah strategi penjualan yang anda lakukan dan pemilihan konsumen
terhadap produk.
10.Menentukan prioritas usaha
Dengan menentukan prioritas usaha, maka anda bisa menentukan besaran harga
jual produk.
Selain itu anda juga bisa meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran
sehingga keuntungan yang anda dapatkan akan lebih besar dari biasanya.
Namun sebaiknya harus tetap mempertahankan kualitas produk anda. Jangan
ketika usaha telah meluas tetapi anda ceroboh dalam memperhatikan kualitas
produk yang dihasilkan. Maka resikonya usaha anda akan ditinggal oleh para
pelanggan, karena dianggap tidak lagi bisa dipercaya.
11.Mempertimbangkan kemampuan konsumen
Dalam menentukan harga jual produk, sebuah perusahaan tidak semata mata
menetapkannya, akan tetapi mereka perlu melakukan berbagai pertimbangan salah
satunya mengenai kemampuan atau daya beli konsumen.
Semakin anda tahu keadaan konsumen yang menjadi target pemasaran, maka anda
pun juga akan semakin tahu berapa besaran harga yang bisa anda tetapkan untuk
setiap produknya.
12.Sesuai dengan target awal
Untuk bisa menetapkan harga produk hal yang perlu anda pertimbangkan
selanjutnya adalah mengenai target pendapatan yang ingin anda peroleh.
Faktor faktor lain yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai biaya
pemasaran dan biaya promosi
13.Mengetahui harga kompetitor
Nah, hal lain yang perlu anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam
menentukan harga produk adalah dengan mengetahui harga produk dari kompetitor
anda.
Apakah harga yang mereka tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak.
Maka anda bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk
nantinya.
Dan perhatikan juga apakah produk anda memiliki keunggulan atau tidak jika
dibandingkan dengan produk pesaing yang ada. Maka dengan ini sebaiknya anda
bisa menambahkannya sebagai nilai plus dari produk anda agar dapat memenangkan
persaingan bisnis.
14.Menetapkan harga produk
Yang tepat dalamlangkah final adalah memonitor harga tersebut secara terus
menerus supaya bisa diketahui tingkat penjualannya dan anda juga bisa melihat
berapa keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.
15.Pelanggan
Tidak bisa di pungkiri bahwa pelanggan merupakan prioritas anda, jadi
pastikan bahwa harga jual yang anda tetapkan akan dapat di terima oleh
pelanggan. Artinya harga menentukan kualitas, yang berarti bahwa harga
menentukan kualitas yang anda tawarkan kepada target pelanggan anda. Jika anda
tidak mempertimbangkan faktor ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan
laku.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan,
Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop,
Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan
& Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B,
Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar