KONSULTAN KLINIK
TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, MENGATUR DISPLAY DI APOTEK
Apotek Jakarta Pusat, Apotek Jakarta Selatan, Apotek Jakarta Utara, Apotek Jakarta Selatan, Apotek Jakarta Timur, Apotek di Jakarta Pusat, Apotek di Jakarta Selatan, Apotek di Jakarta Utara, Apotek di Jakarta Selatan, Apotek di Jakarta Timur.
MENGATUR DISPLAY UNTUK
DI APOTEK
Penataan produk atau
yang sering kita kenal dengan istilah display adalah suatu cara penataan produk
terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan
untuk menarik minat konsumen. Untuk memperjelas arti dari display tersebut,
William J.Shultz, “Display consist of simulating customers attention and
interest in a product or a store, and desire to buy the product or patronize
the store, through direct visual appeal”.
Display adalah suatu
cara mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong
keinginan membeli melalui daya tarik penglihatan langsung (direct visual
appeal). Siapapun yang bergelut didunia usaha , tentu akan melewati pengalaman
berharga untuk menggapai kesuksesan. Namun, terkadang kondisi yang dialami
pengusaha tidak seindah yang dibayangkan. Jatuh bangun selalu menghiasi
perjalanan bisnis pengusaha manapun walaupun tingkat kerugiannya berbeda-beda.
Kesuksesan usaha bisa
lebih cepat diraih, jika pebisnis mampu melakukan observasi dan adaptasi dengan
cepat terhadap bisnis yang digeluti. Terkadang hal-hal kecil kerap dianggap
remeh, padahal secara tidak langsung hal itu akan berpengaruh begitu besar
dalam peningkatan omset. Hal remeh itu seperti tampilan pada gerai atau outlet
yang merupakan wajah dari usaha Anda. Dimana kesan pertama akan dirasakan oleh
konsumen ketika melihat wujud perwajahan toko dari luar hingga tata letak
barang yang di pajang di dalam gerai terlihat menarik dan rapih.
Cara Mengatur Display
Obat di Apotek
Pengaturan display di
toko sangat penting sebab akan mempengaruhi mood pembeli , dari yang tak
terfikir untuk membeli justru menjadi berhasrat untuk memiliki barang tersebut
karena tata letak yang menarik dan tepat.
1.Kategori Produk
Tata letak produk
harus sesuai dengan kategorinya sehingga pembeli dapat dengan mudah menemukan
produk yang dibutuhkan. Misalnya, untuk produk sabun mandi letakkanlah di satu
rak dengan pasta gigi, sikat gigi, lulur, shampo dan produk kebutuhan mandi
lainnya.
Jika rak memungkinkan,
bisa disiasati dengan letak berurutan dari atas kebawah atau menyamping.
Usahakan produk primer seperti sabun menjadi urutan pertama sehingga mudah
dijangkau oleh konsumen.
2.Kebersiahn Produk
Sangat berbahaya jika
pembeli menemukan produk yang kotor akibat noda atau debu. Hindari hal
tersebut, meski penataan produk sudah dirasa sesuai, anda harus tetap menjaga
kebersihan produk. Setiap hari tidak ada salahnya melaukan pengecekan barang
agar tiak terjadi complain dari konsumen yang datang.
3.Pajang Produk Diskon
di Depan
Salah satu daya tarik
pembeli mendatangi took adalah karena ingin memburu barang dengan harga diskon.
Maka jika gerai anda sednagn menggulirkan promosi potongan harga untuk beberapa
produk, pajanglah di bagian depan took atau teras gerai.
Bisa juga diletakkan
di balik pintu masuk took, sehingga siapapun pengunjung yang masuk akan melihat
produk diskon tersebut. Jangan lupa tambahkan poster bertuliskan harga diskon
dengan warna yang mencolok.
4.Musik
Musik menjadi
instrument penting sebab, intrumennya bisa membuat mood seseorang menjadi baik
dan memancing untuk berbelanja lebih banyak. Putarlah music terkini apapun
genrenya sehingga pengunjung akan merasa nyaman saat berbelanja. Apalagi ketika
lagu yang disukainya sedang diputar dia akan menunggu dan berleilingh dari rak
ke rak hanya untuk mendengar music dan pastinya akan mengambil satu dua produk
meskipun menurutnya bukan barang primer.
5.Posisi Rak
Keterbatasan luas took
menjadi faktor ketiaknyamanan saat berbelanja. Siapa yang ingin berdesakan saat
membeli barang. Maka beri ruang yang luas antara rak satu dengan rak lainnya
sehingga konsumen dapat leluasa berlalu-lalang .
6.Pajang Gambar
Menarik
Berimprovisasi melalui
gambar untuk mempercantik display toko anda adalah hal yang patut dicoba.
Ketika memasuki rak yang menjual produk mainan anak-anak, letakkan poster yang
bergambar tokoh mainan tersebut sehingga anak akan tertarik mengunjunginya dan
merayu orang tuanya untuk membeli.
7.Sediakan Dispenser
Tambahkan display yang
sudah mulai digandrungi yaitu mesin pemanas air untu menyeduh kopi bahkan pop
mie. Tentu ada saja beberapa pengunjung yang menggunakan fasilitas ini sekedar
menunggu rekan atau pasangannya berbelanja.
Adanya display seperti
ini membuat pandangan konsumen terhada toko anda semakin baik dan dianggap
total saat memanjakan konsumen. Letakkan dispenser di bagian pojok ruangan
sehingga tidak mengganggu para costumer yang berbelanja.
8.Jangan sampai ada
ruang kosong di rak
Secara psikologis,
saya sendiri cenderung men-judge produk di minimarket A tidak lengkap karena
banyak barang yang kosong. Jika mindset seperti ini sudah tertanam di pikiran
pelanggan anda, maka akan sangat merugikan.
Syarat display yang
baik
Di samping mengacu
pada logika konsumen dalam menjalankan aktivitas display, para peritel juga
harus memerhatikan aspek-aspek penting lainnya yang merupakan syarat dalam
mewujudkan display yang baik, yaitu;
A.Display harus mampu
membuat barang-barang yang dipajang menjadimudah dilihat, mudah dicari dan
mudah dijangkau. Ketiga hal ini merupakan syarat mutlak yang harus mampu
diwujudkan oleh aktivitas display. Jika tidak, display yang menarik dan
seatraktif apapun akan sia-sia.
B.Display harus
memerhatikan aspek keamanan, baik keamanan bagi pengelola toko dari
potensi-potensi kehilangan, maupun keamanan bagi pengunjung (konsumen) yang
berada di dalam toko,berkaitan dengan aspek keamanan ini, para peritel biasanya
tidak akan menempatkan barang-barang yang mudah pecah di sembarang rak.
Barang-barang yang mahal, terutama yang fisik ukurannya kecil biasanya di pajang
di etalase. Barang-barang kemasan kaleng yang cukup berat juga biasanya
ditempatkan pada shelve paling bawah untuk menghindari resiko timbulnya cedera
bagi pengunjung (terutama anak-anak) jika barang tersebut terjatuh.
C.Display yang
dilakukan oleh peritel harus informative dan komunikatif, para peritel dapat
memanfaatkan alat alat bantu seperti standing poster materials yang lain.
Pen-display-an yang
baik akan mendatangkan hasil yang baik pula. POP merupakan suatu himbauan yang
ditujukan kepada pembeli agar timbul keinginan untuk membeli.
a. Brand blocking
secara vertikal
Barang blocking secara
vertical yaitu penempatan barang supermarket yang sejenis berderet kearah
vertikal atau atas bawah dan merek barang juga harus terlihat di bagian muka
secara vertical.
Penempatan barang
secara vertical berarti menempatkan barang :
1) Dari atas ke bawah
secara sistematis
2) Disusun sesuai
jenis dan klasifikasinya
3) Barang disusun
berdasarkan ukuran dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
4) Warna barang
disusun dari warna muda sampai warna tua atau sebaliknya
5) Harga barang
diletakkan dari harga murah ke harga mahal atau sebaliknya
6) Barang disusun dari
atas ke bawah atau sebaliknya menurut jenis, kategori, bentuk dan sifatnya.
Penempatan barang
dagangan secara vertical dapat dilakukan dengan berbagai display, seperti
berikut ini :
a) Shelving (rak)
Rak barang biasanya digunakan
untuk barang dagangan sehari-hari, misalnya pasta gigi, sabun mandi dan
sebagainya.
b) Gondola
Gondola merupakan
jenis rak barang yang bentuknya memiliki dua muka dan masing-masing muka
mempunyai fungsi yang sama. Gondola dapat digunakan untuk menempatkan barang
serupa makanan dan minuman dalam satu kemasan dapat berdiri, seperti susu
kemasan, susu kotak dan sebagainya.
c) Brand blocking
secara horizontal
Brand blocking secara
horizontal yaitu penempatan barang supermarket satu jenis berderet horizontal
dari arah kiri ke kanan atau arah melebar dan merek barang harus dapat terlihat
dari depan.
Adapun kelemahan
penempatan barang dagangan secara horizontal adalah sebagai berikut ;
1) Pelanggan
mondar-mandir untuk mencari barang yang diperlukannya.
2) Memberikan kesan
bahwa terbatasnya barang yang dijual.
3) Barang yang dilihat
dan dijangkau pembeli terbatas.
4) Memberikan kesan
yang tidak beraturan
Industri yang kami
layani :
>>> Retail /
Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket,
Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti /
Bakery, Dll.
>>> Manufacture
/ Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik,
Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service :
Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion
Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up :
Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar