KONSULTAN KLINIK
TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, MENENTUKAN LOKASI UNTUK KLINIK KECANTIKAN
Konsultan Klinik Jakarta Selatan, Konsultan Klinik di Jakarta Selatan, Konsultan Klinik Jakarta Pusat, Konsultan Klinik di Jakarta Pusat, Konsultan Klinik Jakarta Barat, Konsultan Klinik di Jakarta Barat, Konsultan Klinik Jakarta Timur, Konsultan Klinik di Jakarta Timur, Konsultan Klinik Jakarta Utara, Konsultan Klinik di Jakarta Utara.
MENENTUKAN LOKASI
UNTUK KLINIK KECANTIKAN
Pada studi Geografi,
lokasi merupakan variabel penting yang dapat mengungkapkan berbagai hal tentang
gejala atau fenomena yang dipelajari. Sumaatmadja (1988:118) menjelaskan, bahwa
: lokasi suatu benda dalam ruang dapat menjelaskan dan dapat memberikan kejelasan
pada benda atau gejala geografi yang bersangkutan secara lebih jauh
lagi. Mempelajari geografi sama artinya dengan mempelajari
lokasi-lokasi di muka bumi, dan ketika orang atau individu berbicara tentang
lokasi di permukaan bumi maka individu tersebut sedang berbicara mengenai
fenomena di permukaan bumi. Lokasi sangat erat kaitannya dengan jarak di
permukaan bumi. Suatu gejala akan sangat strategis dan mempunyai
nilai guna yang tinggi jika terletak pada lokasi yang menguntungkan.
Cara memilih atau
menentukan lokasi tempat usaha yang strategis akan mempengaruhi kesuksesan dari
bisnis yang akan dilaksanakan. Selain itu situasi dan kondisi yang tepat ini
juga akan berperan penting pada produk atau jasa yang akan ditawarkan. Memang
tidak mudah dalam mendapatkan lokasi tempat usaha pada spot yang strategis,
apalagi dengan kendala modal usaha atau budget dana terbatas. Sebelum menentukan
lokasi yang akan dipilih, sebaiknya juga menyesuaikan atau mempertimbangkan
jenis atau kategori usaha apa yang akan dijalankan.
Jenis Lokasi
Sumaatmadja dalam
bukunya yang berjudul “Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa
Keruangan” menyatakan bahwa lokasi dalam suatu ruang dapat dibedakan menjadi
dua jenis lokasi, yaitu :
A.Lokasi absolut
adalah suatu tempat atau wilayah yang lokasinya berkaitan dengan letak
astronomis yaitu dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur, dan dapat
diketahui secara pasti dengan menggunakan peta. Lokasi absolut suatu daerah
tidak dapat berubah atau berganti sesuai perubahan jaman tetapi bersifat tetap
karena berkaitan dengan bentuk bumi.
B.Lokasi relatif
adalah suatu tempat atau wilayah yang berkaitan dengan karakteristik tempat
atau suatu wilayah, karakteristik tempat yang bersangkutan sudah dapat
diabstraksikan lebih jauh. Lokasi relatif memberikan gambaran tentang
keterbelakangan, perkembangan dan kemajuan wilayah yang bersangkutan
dibandingkan dengan wilayah lainnya. Lokasi relatif dapat ditinjau
dari site dan situasi (situation). Site adalah semua sifat atau karakter
internal dari suatu daerah tertentu sedangkan situasi adalah lokasi relatif
dari tempat atau wilayah yang bersangkutan yang berkaitan dengan sifat-sifat
eksternal suatu region.
Berikut ini cara untuk
menentukan lokasi bisnis klinik kecantikan :
1.Lokasi usaha yang
mudah terlihat
Dengan bertempat pada
area yang mudah terlihat, maka sudah pasti akan banyak memperoleh perhatian dan
tentunya juga memudahkan untuk masa perkenalan dan promosi bisnis anda yang
baru saja mulai dirintis. Selain itu, lokasi yang mudah terlihat juga akan
menekan biaya promosi pada awal pembukaan atau promo promo peluncuran produk
baru anda selanjutnya. Sebagai contoh adalah sebuah usaha kuliner jajanan khas.
Maka memilih tempat usaha pada lokasi wisata adalah salah satu spot yang cukup
strategis. Hal ini sangat beralasan karena kemungkinan besar pengunjung akan
tertarik untuk menjadikan produk anda sebagai oleh oleh sepulang dari
berwisata.
Satu contoh lagi
misalnya usaha foto copy, merencanakan usaha ini akan lebih tepat sasaran jika
berada pada lokasi ramai seperti area kampus, perkantoran dan sekolah.
Alasannya sudah pasti yang mana orang orang disekitar wilayah tersebut akan
banyak melakukan aktifitas yang berhubungan dengan alat tulis, catak, dan
keperluan kantor lainnya.
2.Biaya membangun atau
sewa tempat usaha
Jika anda mampu dan
memiliki budget anggaran untuk membangun sendiri tempat usaha dilokasi yang
strategis, maka hal ini akan lebih menguntungkan dan menjadi value tersendiri.
Dilain hal, bangunan yang notabene adalah merupakan salah satu jenis investasi
yang menguntungkan, maka tidak ada salahnya jika memang anda bidik sekalian
untuk menanamkan modal dan berinvestasi jangka panjang. Namun apabila harus
menyewa, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tempat yang strategis tentu
akan di banderol dengan harga sewa yang cukup tinggi oleh pemiliknya.
Kalkulasi atau
perhitungan yang cermat harus anda lakukan sebelum membuat keputusan kontrak
sewa dengan pemilik lahan. Pertimbangkan apakah keuntungan setiap bulan akan
mampu untuk memenuhi kebutuhan sewa lahan dan operasional usaha berikutnya. Dan
biasanya, setelah masa kontrak anda berakhir kemudian ingin memperpanjang, kenaikan
harga sewa sudah tentu menanti didepan mata. Apalagi jika tampak jelas bahwa
bisnis yang anda bangun disana telah berkembang pesat dan memiliki konsumen
yang loyal.
3.Akses yang mudah
dijangkau
Poin ini adalah
mengenai kenyamanan konsumen ketika akan menuju dimana lokasi usaha anda
berada. Meskipun berada pada tempat atau lokasi ramai dan banyak menarik
perhatian orang yang berlalu lalang, jika lokasi bisnis anda tidak memiliki
lahan parkir yang memadai, seperti misal terlalu rapat dengan jalan, maka konsumenpun
terkadang akan enggan untuk singgah sebab merasa kurang nyaman. Sebagai contoh
lagi, tempat usaha yang anda pilih adalah di area yang sangat ramai seperti di
lokasi mall, namun apabila toko yang anda buka berada di lantai teratas,
biasanya pengunjung juga kurang antusias untuk menuju kesana
Sebagai perbandingan
misalkan sama sama menjual kaos distro dengan merek dan model yang sama, maka
penjual yang berada di trotoar akan lebih cepat memperoleh konsumen meskipun
tidak memiliki gerai yang mewah. Apa benefitnya meskipun lapak usaha anda
begitu mewah dan gelamor, namun berada pada lantai tertinggi sebuah mall
ataupun tempat yang membuat konsumen malas untuk mendatanginya. Maka dari itu,
faktor akses untuk memudahkan konsumen menjangkau produk yang anda tawarkan
sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis dan usaha anda.
4.Hubungan sosial
dengan konsumen
Yang ke empat ini
adalah berkenaan dengan target pemasaran yang akan anda capai. Istilahnya
adalah segmen pasar yang tepat. Memilih tempat usaha yang sesuai dengan sasaran
adalah nilai yang cukup penting untuk selalu pertimbangkan karena masing masing
jenis usaha akan memiliki keterlibatan yang erat antara lingkungan masyarakat
dengan jenis produk yang di tawarkan. Sebagai contoh misalkan akan membuka
sebuah usaha yang bergerak dalam bidang pertanian seperti melayani atau
menyediakan kebutuhan pupuk, anti hama maupun bibit tanaman.
Langkah pertama
adalah, anda harus mampu mendekati konsumen dengan cara bersosial yang lebih
akrab guna memperoleh informasi akurat mengenai segala keluhan dan kebutuhan
kerja mereka. Selanjutnya, anda akan bisa dengan mudah menentukan produk atau
jasa apa yang memiliki potensi akan laku dipasarkan pada lokasi dan wilayah
tersebut.
5.Terkait masalah
perijinan bisnis dan usaha
Meskipun terkadang
sering dilupakan, namun sebaiknya jangan pernah menganggap remeh masalah
legalitas. Bukan hanya terbatas pada ijin usaha saja, melainkan harus meliputi
segala aspek yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan termasuk produk
yang anda tawarkan. Mengabaikan poin ini akan menjadi resiko besar yang bisa
saja tidak akan pernah diduga kemudian hari membawa dampak buruk bagi bisnis
atau usaha anda.
Akan lebih menyesal
lagi jika perjalanan usaha anda sudah mulai menampakkan perkembangan, kemudian
tersandung masalah legalitas perijinan tempat usaha tentu akan fatal jadinya.
Seperti lokasi yang sertifikat kepemilikan lahannya tidak jelas. Misalkan area
pinggiran terminal atau stasiun yang dibangun ruko kemudian disewakan. Memang
lokasi usaha seperti ini sangat strategis namun jika legalitasnya tidak jelas,
maka resiko sewaktu waktu terjadi penggusuran tentu akan lebih membuat anda
frustasi.
6.Lingkungan tempat
usaha dan sekitarnya
Lingkungan sekitar
tempat bisnis dan usaha adalah faktor yang akan mempengaruhi pandangan serta
minat konsumen terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan. Misalkan saja anda
berjualan makanan di area hiburan malam, tentu saja pelanggannya akan terbatas
pada komunitas tertentu yang memang suka berkunjung ke tempat hiburan tersebut.
Misalkan saja ada orang lapar yang ingin mencari warung makan, namun ia merasa
tidak nyaman dengan situasi lingkunan tempat anda berjualan, kemungkinan besar
ia akan berlalu dan lebih memilih untuk mencari tempat yang lainnya.baca juga : pasang banner dengan harga murah? perhatikan hal ini
Contoh lain yang
berhubungan dengan penentuan tempat usaha dan harus mempertimbangkan lingkungan
sekitar adalah, semisal diwilayah tersebut sudah banyak terdapat usaha bengkel
motor, maka sebaiknya anda mempertimbangkan ulang jika ingin membuka jenis
usaha yang sama. Kecuali jika anda mampu bersaing dengan memberikan nilai
lebih, dan sanggup berkompetisi bisnis secara sportif tanpa menimbulkan masalah
kemudian harinya, maka membuka usaha yang sama tidak akan ada larangannya.
Industri yang kami
layani :
>>> Retail /
Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket,
Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti /
Bakery, Dll.
>>> Manufacture
/ Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik,
Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service :
Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion
Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up :
Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar