KONSULTAN KLINIK
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, CARA MUDAH MENGELOLA BISNIS KLINIK KECANTIKAN
Konsultan Klinik Jakarta Timur, Konsultan Klinik di Jakarta Timur, Konsultan Klinik Ciracas, Konsultan Klinik di Ciracas, Konsultan Klinik Pulo Gadung, Konsultan Klinik di Pulo Gadung, Konsultan Klinik Matraman, Konsultan Klinik di Matraman.
CARA MUDAH MENGELOLA BISNIS KLINIK KECANTIKAN
Tidak dipungkiri bisnis retaill adalah bisnis yang
menjadi salah satu pilihan favorit di Indonesia. Banyak para pengusaha berfikir
bahwa bisnis retail merupakan bisnis yang mudah dan sedikit tingkat
kerugiannya. Tapi tidak disangka banyak juga pebisnis retail yang mengalami
kerugian dalam bisnisnya.
Perlu Anda ketahui salah satu poin penting dalam
membangun bisnis retail adalah cara mengelola stok barang. Memang untuk bisnis
retail yang baru berjalan merasa tidak kesusahan dalam mengelola stok barang.
Anda pasti berfikiran untuk melakukan pengelolaan yang dilakukan secara manual.
Tetapi tahukan Anda? Ketika bisnis Anda sudah berjalan dengan baik dan cukup
banyak, Anda harus mengerti bagaimana cara mengelola stok barang dengan baik.
Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda
dapat mengelola stok barang dengan baik, salah satunya yaitu Anda dapat
mengetahui barang – barang mana yang banyak peminatnya dan stok barang mana
yang akan habis. Sehingga memberikan Anda informasi kapan Anda harus memesan
bahan baku atau barang yang akan Anda jual.
Berikut tips – tips yang akan diberikan untuk
mengelola bisnis retail Anda agar berjalan baik :
1. Berikan kode khusus untuk barang – barang
Mungkin ketika Anda baru memulai bisnis retail Anda
berfikir bahwa tidak perlu memberikan kode – kode pada barang yang akan Anda
jual. Tetapi berjalannya waktu usaha retail Anda pasti akan memiliki variasi
yang banyak, ketika inilah Anda akan kode barang sangat diperlukan.
Kode barang ini pun dapat memudahkan Anda dalam
melakukan peletakan pada gudang. Misalnya kode barang AA-1 di letakan di baris
pertama dan seterusnya. Keunggulan pemberian kode barang ini juga akan
memudahkan Anda untuk memberikan kecepatan dan ketepatan pada saat terjadi
banyak pesanan.
2. Letakan barang yang dijual di dalam gudang
tersendiri
Gudang adalah salah satu element penting dalam bisnis
retail, seperti dijelaskan di poin pertama gudang akan sangat membantu Anda
dalam mengorganisir penyusunan stok barang. Ketika adanya pemesanan Anda tidak
perlu khawatir dan berlama – lama dalam pencarian barang.
3. Pencatatan transaksi penjualan
Tips selanjutnya yaitu pencatatan transaksi penjualan,
ketika bisnis retail Anda sudah berkembang pencatatan transaksi penjualan
adalah hal yang paling penting. Anda pasti tidak menginginkan jumlah uang yang
didapatkan dari penjualan tidak sesuai dengan stok barang yang ada.
Dengan pencatatan transaksi ini ada dapat menganalisa
apa saja yang terjadi dalam bisnis Anda. Tetapi apakah Anda memiliki banyak
waktu dan banyak source untuk melakukan pencatatan transaksi secara
manual? Di era teknologi seperti sekarang banyak di ciptakan
aplikasi – aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pencatatan transaksi
penjualan dan memberikan pelaporan yang lengkap seperti Pawoon aplikasi kasir
online.
4. Pengecekan barang masuk
Setelah selalu melakukan pencatatan transaksi
penjualan, melakukan pengecekan barang masuk juga tidak kalah penting untuk
Anda pelaku bisnis retail. Cara ini membantu mencegah adanya kerancuan pada
stok barang Anda, misalnya Anda tidak mengetahui barang – barang sisa Anda
kemudian Anda melakukan stok barang masuk kembali, Anda tidak akan mengetahui
barang mana yang harus Anda keluarkan terlebih dahulu.
Selain itu pengecekan barang masuk juga berguna untuk
mencegah adanya kerusakan barang ketika Anda membeli barang tersebut sehingga
Anda tidak mengalami kerugian dalam pemberian barang.
Dalam melakukan pencatatan barang yang masuk Anda juga
dapat menggunakan aplikasi yang terhubung dengan mesin kasir seperti Pawoon.
Pencatatan barang masuk akan langsung tersinkron dengan transaksi penjualan,
semuanya terhubung dan dapat Anda pantau dimana saja kapan saja secara online.
5. Selalu melakukan Stok Opname
Stok opname adalah proses yang dilakukan secara
berkala untuk menghitung jumlah fisik barang dan persediaan yang dimiliki oleh
bisnis retail. Hasil dari penghitungan akan dibandingkan dengan jumlah
pencatatan persediaan yang tersedia. Di aplikasi kasir online Pawoon juga
terdapat fitur stok opname, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan stok
opname. Coba Sekarang
Berikut tips yang dapat membantu Anda dalam menjalakan
bisnis retail, tips berikut dapat Anda gabungkan dengan cara yang biasa Anda
lakukan sehingga dapat menyempurnakan manajemen bisnis Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar