KONSULTAN KLINIK
UNGGUL, +62 813-9864-6177, CARA MELAYANI PELANGGAN DENGAN BAIK
Konsultan Kinik Jakarta Barat, Konsultan Klinik di Jakarta Barat, Konsultan Klinik Cengkareng, Konsultan Klinik di Cengkareng, Konsultan Klinik Palmerah, Konsultan Klinik di Palmerah, Konsultan Klinik Kalideres, Konsultan Klinik di Kalideres, Konsultan Klinik Kembangan, Konsultan Klinik Kembangan.
Pelanggan adalah raja. Melayani seorang pelanggan atau
pembeli secara baik adalah suatu keharusan agar pelanggan merasa puas dan
menjadi pelanggan setia. Pelanggan merasa puas atas pelayanan anda sedikit
banyak akan membuat virus pemasaran terbaik tanpa perintah. Para pelanggan
dengan suka rela menceritakan hal-hal yang terbaik atas pelayanan dalam bisnis
anda. Dengan beberapa tambahan pelanggan, otomatis akan meningkatkan
penghasilan anda. Bisnis anda tidak akan kehilangan pelanggan, tapi akan
bertambah banyak.
Keterampilan dasar pelayanan terhadap pelanggan dapat
diterapkan dalam beberapa strategi pelayanan dalam rangka membangun dan
meningkatkan citra positif pada bisnis anda. Langkah-langkah berikut ini
merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam bisnis untuk melayani pelanggan
dengan beberapa trik bisnis.
CARA MELAYANI PELANGGAN DENGAN BAIK
1. Pusatkan perhatian pada pelanggan
• Mendengarkan dengan penuh perhatian dan jangan
sekali-kali memotong pembicaraan
• Perhatikan sikap tubuh anda, bertindak secara tenang
dan rileks
• Menatap mata pelanggan anda pada saat berbicara dan
tersenyum
• Perhatikan ekspresi wajah anda, dan selalu tampilkan
senyum anda
• Menanggapi pembicaraan pelanggan apabila pelanggan
mengharapkan tanggapan anda
• Perhatikan nada bicara anda, jangan terlalu rendah
(kurang percaya diri) atau terlalu tinggi (kesal, marah dan emosi)
• Menempatkan kepentingan pelanggan pada nomor satu
dan orang lain, seperti rekan sekerja dan pimpinan pada prioritas berikutnya,
apabila sedang melayani pelanggan.
2. Memberikan pelayanan yang efisien
• Melayani pelanggan berikutnya segera setelah selesai
dengan pelanggan pertama
• Pergunakan waktu seakurat mungkin
• Berbicara seperlunya pada pelanggan
• Merencanakan apa yang selanjutnya akan dilakukan
• Memberikan tindak lanjut pelayanan sampai tuntas
• Menjawab pertanyaan pelanggan secara singkat, tepat,
cepat dan tidak bertele-tele
3. Meningkatkan perasaan harga diri pelanggan
• Mengenali kehadiran pelanggan dengan segera
• Selalu menggunakan nama pelanggan sesering mungkin
• Tidak menggurui pelanggan, bagaimanapun pandainya
anda
• Memuji dengan tulus dan memberikan penghargaan
kepada pelanggan
• Memperlakukan pelanggan sebagai orang dewasa
4. Membina hubungan baik dengan pelanggan
• Mendengarkan apa yang disampaikan oleh pelanggan
tanpa memotong pembicaraan
• Menunjukkan simpati dan berbicara dengan penuh
perasaan, untuk menunjukkan bahwa anda mengerti dan memahami perasaan pelanggan
• Mempersilakan pelanggan menanggapi dan berusaha
menyelesaikan masalahnya
5. Dapat menentukan apa keinginan pelanggan
• Menanyakan kepada pelanggan
• Mengulangi kembali apa keinginan pelanggan, kemudian
menarik inti dari apa yang dikatakannya
6. Mengalihkan pelayanan ke orang lain
• Bila seorang pelanggan meminta pelayanan di luar
kemampuan anda, cara terbaik adalah mengalihkan pelayanan tersebut kepada orang
lain yang lebih mampu. Dengan pengalihan tersebut akan terlihat bahwa
perusahaan/bisnis anda telah bekerja dengan profesional
• Setelah mengetahui keinginan pelanggan, anda
menjelaskan kepadanya sambil meminta maaf bahwa anda tidak mampu melayaninya,
karena orang lain akan lebih baik melayaninya
• Hal ini juga harus dijelaskan dihadapan orang yang
hendak menggantikan anda. Perkenalkan orang tersebut kepada pelanggan
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>>
Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar