KONSULTAN KLINIK
UTAMA, +62 813-9864-6177, PENYEBAB
DAN TIPS MENCEGAH KLINIK KECANTIKAN BANGKRUT
Klinik
kecantikan, kosmetik, kecantikan, tips kecantikan, cara menghilangkan jerawat,
cara menghilangkan bekas jerawat.
Penyebab Dan Tips Mencegah Klinik Kecantikan Bangkrut
Pakar Manajemen dan juga Guru Besar Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali menjelaskan, ada beberapa
faktor yang membuat klinik kecantikan modern berguguran utamanya di kota-kota
besar seperti Jakarta.
Hal ini terpicu kondisi Ekonomi Indonesia yang juga
terus tumbuh, dan digenjot terlalu cepat sehingga daya dukungnya semakin
terbatas karena ritel di Indonesia ini sudah terlalu rumit kondisinya.
Faktor Penyebab Kebangkrutan Bisnis Klinik Kecantikan
:
1. Pertumbuhan Ekonomi
Bukan hanya di Indonesia, pertumbuhan di sektor
ekonomi juga turut menggencet usaha klinik kecantikan di seluruh dunia. Hal
tersebut juga yang kemudian membuat konsumen beralih membeli produk kecantikan
online dibandingkan ke klinik kecantikan. Pola hidup masyarakat yang berubah
ini disinyalir menjadi salah satu dampak hebat kebangkrutan bisnis ritel di
tanah air.
2. Produk Tidak Menarik
Sebagian besar kalangan masyarakat yang mulai
mengurangi kegiatan ke klinik kecantikan real mengatakan, bahwa produk di klinik
kecantikan real itu-itu saja, dengan kata lain sudah kuno dan tidak menarik.
Jika dibandingkan dengan toko online yang produknya lebih lengkap dan kekinian.
Oleh sebab itulah, dianjurkan kepada pengusaha bisnsi klinik kecantikan untuk
bisa berinovasi kreatif.
3. Harga Terlalu Tinggi
Bisnis klinik kecantikan yang sudah memiliki nama dan
didirikan di kawasan perkotaan, khususnya pusat wisata sudah pasti membanderol
harga tinggi. Belum lagi pajak berapa persen yang dibebankan kepada pembeli.
Hal tersebut tentu saja membuat pembeli merasa kapok dan tidak ingin datang
lagi.
Tips Untuk Mempertahankan Bisnes Klinik Kecantikan di
Era Modern :
1. Menyediakan Produk Lengkap
Kelengkapan produk menjadi salah satu alasan yang
mendasari seseorang datang ke sebuah klinik kecantikan. Karenanya, pastikan
bahwa di klinik kecantikan Anda tidak kekurangan suatu barang apapun. Untuk
menarik lebih banyak konsumen, sebaiknya sediakan juga produk terbaru dari
suatu brand yang sedang nge-trend, karena publik menyukai sesuatu yang baru.
2. Harga Terjangkau
Harga merupakan salah satu faktor yang membuat usaha klinik
kecantikan kalah telak dari online shop. Karena di toko online, konsumen dapat
dengan mudah memilih harga terendah sesuai keinginannya. Oleh sebab itu,
apabila usaha klinik kecantikan Anda dapat tetap berada di posisi stabil, maka
usahakan untuk memajang harga terjangkau untuk menarik pembeli.
3. Meningkatkan Kualitas Layanan
Kualitas layanan merupakan salah satu strategi paling
ampuh untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Oleh sebab itu, ketika melakukan
perekrutan pegawai maka pastikan kalau orang tersebut memilik kepribadian ramah
kepada semua orang. Karena konsumen akan malas bertandang ke toko Anda apabila
pelayannya jutek dan acuh.
4. Lokasi Strategis
Supaya bisnis klinik kecantikan yang akan dibangun
dapat bertahan di tengah pergolakan ekonomi yang meningkat signifikan, maka
pemilihan lokasi strategis juga harus diperhatikan. Setidaknya toko yang
dibangun pada jarak maksimal 5 Km dari lokasi pemukiman penduduk. Di samping
itu, pastikan juga tidak berdiri terlalu berdekatan dengan klinik kecantikan
lain.
5. Melakukan Kolaborasi
Di era modern sekarang ini, Anda bisa dengan mudah
berkolaborasi dengan siapapun yang diinginkan. Misalnya selebgram, blogger, dan
social influencer untuk mempromosikan usaha milik Anda. Meskipun konsepnya
adalah toko ritel real, namun jika ingin omset naik maka Anda bisa menggunakan
sosial media atau e-commerce juga untuk menjangkau pasar lebih besar.
6. Kualitas Produk
Selain sangat berpengaruh pada intergritas usaha kita,
kualias produk juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk kita. Sudah
menjadi hal wajib bagi semua usaha untuk selalu mempertahankan kualitas produk
mereka. Ini sangat sederhana, namun cukup sulit dilakukan.
Jika kualitas sudah jempolan, konsumen pun akan loyal
dan terus akan berbelanja di toko anda. Apalagi jika usaha Anda di bidang
makanan. Jadi teruslah menjaga dan meningkatkan kualitas produk Anda. Rasanya
tidak masalah sedikit menaikan harga asalkan kualitas produk kita selalu
terjaga.
7. Promosi dan branding
Ini hal penting kedua yang harusnya Anda lakukan jika
ingin meningkatkan penjualan. Kekuatan promosi dan branding ini meningkatkan
omzet usaha Anda. Tidak harus mahal dan ribet. Lakukanlah promosi dan branding
sesuai dengan kemampuan usaha Anda dan bermacam cara.
Contoh, jika Anda memiliki usaha yang bersentuhan
langsung dengan konsumen, tidak ada salahnya kamu menggelar promosi diskon di
pertengahan bulan agar omzet usaha Anda tetap tinggi di tanggal tua tersebut.
Tapi ingat, produk bagus akan tetapi sering diobral, bisa memengaruhi gengsi
dan customer behavior. Orang akan menunda pembelian dan sekadar menunggu Anda
menggelar diskon.
Maka itu, ciptakan musim promo tersendiri. Anda bisa
memanfaatkan momentum umum seperti Harbolnas, perayaan hari nasional, dan lain
sebagainya. Tapi, dapat pula Anda menciptakan lagi waktu promo khusus yang
menjadi kekhasan produk Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar