KONSULTAN
KLINIK
PALING
TOP, +62 813-9864-6177, TIPS DASAR MENYUSUN STRATEGI KLINIK KECANTIKAN BAGI
PEMULA
Konsultan Klinik Jakarta Selatan, Konsultan Klinik di Jakarta Selatan, Konsultan Klinik Tebet, Konsultan Klinik di Tebet, Konsultan Klinik Pancoran, Konsnultan Klinik di Pancoran, Konsultan Klinik Pasanggrahan, Konsultan Klinik di Pasanggrahan, Konsultan Klinik Pasar Minggu, Konsultan Klinik di Pasar Minggu, Konsultan Klinik Kebayoran Lama, Konsultan Klinik di Kebayoran Lama, Konsultan Klinik Kebayoran Baru, Konsultan Klinik di Kebayoran Baru.
TIPS DASAR MENYUSUN STRATEGI KECANTIKAN BAGI PEMULA
Bisnis klinik kecantikan sangat cocok bagi siapapun
yang ingin memulai berbisnis karena bisnis klinik kecantikan penerapannya
sederhana. Kunci utama dari bisnis klinik kecantikan adalah mendapatkan pelayanan
murah dan berkualitas dari supplier. Nah, jika anda tertarik untuk
terjun dan menekuni bisnis klinik kecantikan, berikut ini beberapa tips dasar
menyusun strategi awal bisnis klinik kecantikan:
Mulailah Dari Skala Kecil
Tak ada kesuksesan yang dapat diraih dalam waktu
singkat, apalagi jika anda memiliki banyak keterbatasan. Baik keterbatasan
modal, keterbatasan jaringan, dan berbagai keterbatasan lainnya. Dengan mulai
dari skala kecil, anda akan memperoleh banyak pengalaman berharga yang akan
menempa sensitivitas bisnis anda. Apalagi jika anda bisa membangun dan
mendapatkan kepercayaan dari pemasok atau supplier, maka modal bukan lagi
masalah penting.
Penempatan
Usaha Yang Tepat
Dalam menentukan dan memilih lokasi strategis memang
bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, ketika Anda sudah
menemukannya, maka bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat. Hal ini karena
bisnis ritel membutuhkan banyak konsumen, selain itu, para konsumen juga lebih
memilih untuk membeli produk pada sebuah bisnis yang dekat dengan rumah mereka,
tempat kerja dan juga beberapa tempat yang sering mereka lewati setiap harinya.
Jika Anda masih kebingungan tentang bagaimana cara
menentukan tempat bisnis yang strategis, berikut adalah beberapa hal yang harus
Anda pertimbangkan:
· Mudahnya
akses untuk menuju ke lokasi (bisnis klinik kecantikan) Anda
· Terletak
dengan fasilitas umum
· Potensi
pasar yang tersedia
· Biaya
Sewa atau biaya lahan
· Mudah
untuk dilihat
· Kondisi
lalu lintas
Itulah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan
sebelum memilih lokasi yang strategis untuk bisnis klinik kecantikan Anda.
Namun, ketika Anda hendak memindahkan bisnis yang lama ke lokasi baru yang
dinilai akan lebih menguntungkan juga bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena
Anda harus mempertimbangkan perizinan, jaringan sistem komputer, dekorasi
bangunan, biaya listrik serta air dan sebagainya.
Pemilihan
Produk Yang Tepat
Terdapat beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan
sebelum memutuskan produk apa yang akan dijual oleh bisnis klinik
kecantikan Anda, antara lain:
ü Dari
segi estetika, produk atau barang yang Anda jual haruslah memiliki desain yang
menarik, model yang lain dari lain, warna yang sesuai, dan ukuran produk yang
proporsional.
ü Dari
segi fungsional produk Anda harus disesuaikan dengan maksud dan tujuan produk
tersebut diciptakan.
ü Memiliki
pelayanan yang dapat mendukung dan menyertai dalam penjualan produk.
ü Brand
produk akan Anda jual haruslah memiliki dan memberi image positif kepada para
pelanggan.
Penentuan
Harga Jual
Untuk menentukan harga sebuah produk, Anda juga wajib
untuk mempertimbangkan tingkart kerelaan konsumen dan juga target margin yang
akan bisnis bisnis Anda capai. Untuk defininya sendiri, tingkat kerelaan
konsumen adalah harga yang mereka untuk sebuah produk yang sebanding dengan apa
yang mereka butuhkan. Sedangkan target margin yang hendak dicapai tentu harus
diperhitungkan oleh si peritel itu sendiri, tentunya juga dengan menghitung
semua biaya serta perputaran modal untuk satu jenis produk tertentu.
Totalitas Dalam Pelayanan
Pelayanan prima adalah kata kunci kesuksesan sebuah
bisnis klinik kecantikan. Berdasarkan sebuah survey yang dilakukan di beberapa
negara, keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh pelayanan. Pelayanan tidak
hanya terbatas pada keramahan saja, tapi mencakup dari semua aspek pelayanan
dari konsumen membeli barang hingga ke layanan purna jual Ketatnya
persaingan bisnis klinik kecantikan saat ini mendorong masalah pelayanan
sebagai patokan bagi konsumen dalam memilih toko yang dipilihnya.
Loyalitas
konsumen sangat diperlukan agar perputaran uang tetap terjaga sehingga bisnis
anda akan terus tumbuh dengan baik. Loyalitas konsumen berarti kesetiaan
konsumen untuk berbelanja di lokasi klinik kecantikan tertentu. Mempunyai
konsumen yang loyal adalah metode yang paling penting dalam mempertahankan
keuntungan dari para pesaing. Jika memiliki konsumen yang loyal berarti
konsumen memiliki keengganan untuk menjadi pelanggan pada klinik kecantikan
tertentu.
Promosi Harga
Promosi harga memang lazim dilakukan untuk menarik
pembeli. Namun, pilihlah waktu yang tepat dan buat program semenarik mungkin
untuk menjalankan strategi promosi harga ini. Misalnya, tren diskon tengah
malam (midnight sale) yang dilakukan oleh para pemilik merek terkenal.
Promosi
harga juga bisa dilakukan dalam bentuk diskon ‘beli dua dapat tiga’, dst yang
dapat menarik minat pembeli. Akan tetapi, jika Anda melakukan promosi secara
berlebihan seperti terlalu sering memberikan diskon, menjual produk dengan
harga sangat rendah dalam kurun waktu yang cukup lama, maka hal ini akan
membuat bisnis klinik kecantikan Anda mengalami kerugian.
Menjual Pengalaman Saat Berbelanja
Dalam berbisnis klinik kecantikan, tak hanya produk
yang menjadi andalan, tapi pengalaman saat berbelanja menjadi satu hal yang
penting juga. Riset Nielsen mengungkapkan bahwa 93% konsumen Indonesia
menjadikan ritel sebagai tempat rekreasi. Mereka misalnya, tidak datang ke toko
roti terkenal hanya untuk membeli sebuah roti rasa abon atau donat rasa almond,
tapi pengalaman terhadap produk dan merek tersebut yang membuat mereka loyal
untuk menjadi pelanggan setia.
Oleh karena itu, ada baiknya kita siapkan strategi
khusus sekreatif mungkin agar pengalaman saat berbelanja ini dapat dirasakan
oleh para konsumen. Dengan pelayanan yang terbaik saat berinteraksi dengan
konsumen juga dapat meningkatkan kesetiaan konsumen terhadap produk kita.
Ikat dengan Program Loyalty
Bicara tentang kesetiaan terhadap produk memang sulit.
Berdasarkan hasil survey di AS, hanya 15% konsumen yang datang ke ritel yang
sama. Oleh karena itu, peritel harus pandai membuat program loyalty untuk
konsumen. Selain kartu diskon atau member yang menawarkan berbagai benefit, klinik
kecantikan juga harus pintar-pintar menelusuri apa saja kebutuhan konsumen yang
unik. Peritel dapat mengumpulkan data konsumen dan menggali kekuatan apa saja
yang dapat digunakan untuk menjalankan program loyalty.
Co-branding dengan Berbagai Pihak
Untuk memperkuat dampak promosi yang dilakukan dan
mengefisiensikan program promosi, Anda wajib melakukan co-branding dengan
berbagai pihak, baik di industri yang sama maupun industri yang lain.
Co-branding juga membuat kreativitas klinik kecantikan tidak terpaku pada
program-program yang konvensional.
Misalnya, sebuah minimarket waralaba ternama
menjalin kerja sama dengan bank tertentu untuk menerbitkan kartu belanja yang
dapat pula digunakan untuk membayar listrik di semua cabang minimarket
tersebut. Hal ini membuktikan bahwa minimarket itu tidak hanya menjual produk
kebutuhan rumah tangga, tapi juga point of payment untuk berbagai pembayaran
rutin.
Fokus
Kepada Individu dan Interaktif
Lihat konsumen sebagai satu individu yang unik yang
berbeda antara konsumen yang satu dengan yang lain. Anda harus menyediakan
berbagai fitur dan fasilitas yang sesuai dengan keinginan mereka. Layaknya
memakan pizza atau es krim, sediakan topping yang beraneka rasa untuk para
konsumen. Bahkan, jika perlu, konsumen dapat terjun langsung ke dapur
pembuatannya sehingga mereka dapat merasakan apa yang mereka inginkan.
Fast
Fashion
Zaman terus berubah, begitu pula tren sebuah produk.
Peritel akan menghadapi rentang waktu yang semakin pendek dari sebuah produk
untuk menjadi fashion product. Oleh karena itu, sediakanlah item-item baru
dalam waktu yang relatif singkat. Dengan demikian, konsumen selalu disegarkan
dengan tampilan baru.
Green
Program
Isu global warming kini semakin nyata dengan
digaungkannya Green Program. Klinik kecantikan juga harus dapat menangkap
dengan baik dan menerjemahkan isu-isu lingkungan itu ke dapat programnya.
Selain membantu dalam edukasi kepedulian terhadap lingkungan, klinik kecantikan
juga dapat membangun kesadaran lingkungan para konsumen. Beberapa klinik
kecantikan besar bahkan menjual kantong belanja nonplastik yang dapat digunakan
terus-menerus atau bahkan memberikan poin tambahan bagi konsumen yang membawa
kantong belanja sendiri.
Channel
klinik kecantikan yang Semakin Kabur
Tren klinik kecantikan kini cenderung mengarah menjadi
one stop shopping. Hal itu terjadi karena adanya tuntutan konsumen agar klinik
kecantikan menghadirkan sesuatu yang berbeda yang membuat klinik kecantikan
justru menambah item produknya dari berbagai kategori. Tak heran, di luar
negeri bahkan ada hipermarket yang berjualan mobil. Oleh karena itu, jadikan
bisnis klinik kecantikan Anda unik sekaligus dapat mewadahi berbagai kebutuhan
konsumen.
Semoga beberapa tips di atas dapat membantu para mitra bisnis :)
Semoga beberapa tips di atas dapat membantu para mitra bisnis :)
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar