KONSULTAN KLINIK
UNGGUL,
+62 813-9864-6177, HAL YANG DIBUTUHKAN PIHAK SPONSOR DALAM SPONSORSHIP
Klinik
Kecantikan Jakarta Pusat, Klinik Kecantikan Cempaka Putih, Klinik Kecantikan
Gambir, Klinik Kecantikan Johar Baru, Klinik Kecantikan Kemayoran, Klinik
Kecantikan Menteng, Klinik Kecantikan Sawah Besar, Klinik Kecantikan Senen,
Klinik Kecantikan Tanah Abang.
HAL YANG DIBUTUHKAN PIHAK SPONSOR DALAM SPONSORSHIP - Sponsor adalah
sebuah homonim karena artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi
maknanya berbeda. Sponsor memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda
sehingga sponsor dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda
dan segala yang dibendakan. Sponsorship adalah dukungan finansial atau materi
pendukung kepada suatu organisasi, orang, atau aktivitas yang dipertukarkan
dengan publisitas merek dalam suatu hubungan kerjasama. Sponsorship dapat
membedakan sekaligus meningkatkan nilai suatu merek.
Ketika kita mengajukan penawaran sponsorship kepada sebuah Brand yang akan
mendukung penyelenggaraan program, kita akan mempelajari dan mengidentifikasi
calon sponsor yang kuat, dan harus dipahami dulu, apa keuntungan yang dapat
ditawarkan kepada mereka, karena mereka tidak akan begitu saja memberikan
supporting investment apabila tidak mendapatkan benefit yang rasional buat
brand atau produk mereka.
Setelah itu baru dibuat ringkasan
eksekutif (executive summary), dan menyusun paket proposal
sesuai dengan apa yang diinginkan sponsor, hal ini untuk
mendapatkan peluang besar Anda mendapatkan sponsor.
Yang diharapkan sponsor dari kerjasama :
1.Membangun hubungan dengan konsumen untuk menambah brand equity
brand equity (nilai persepsi komersial) suatu produk dipengaruhi oleh nama,
jaminan kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen. dan untuk memperkuat
ikatan dalam pertukaran. sponsorship akan memberikan tambahan nilai kepercayaan
dan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut.
2.Mendukung program Komersial yang sedang berjalan
Sponsor yang bertujuan commercial programme adalah bahwa sebuah perusahaan
mensponsori suatu program lain dengan tujuan untuk menjalankan
aktifitas promosi yang diperlukan yang sedang dijalankan, untuk kepentingan
perusahaannya serta untuk mendukung kegiatan promosi mereka sendiri melalui
upaya komunikasi pemasaran yang terpadu.
3.Manfaat Pengembalian modal dari biaya yang telah dikeluarkan
Manfaat penyediaan sponsorship secara finansial adalah mengembalikan dana
yang telah dikeluarkan pihak perusahaan untuk mensponsori suatu event dalam
jumlah tertentu. baik langsung melalui penjualan di area product supporting,
maupun tidak langsung seperti peningkatan penjualan sebagai efek dari
awareness pengunjung terhadap produk sponsor.
4.Membonceng kekuatan citra Brand dari Produk yang disponsori
Target audiens juga akan terkena dampak merek secara tidak langsung, yakni
melalui pihak ketiga (kegiatan yang disponsori). Hal ini dapat mengakibatkan
meningkatnya nama dan pencitraan serta rasa percaya
(believability) yang lebih besar dari merek tersebut.baca juga : kelebihan dan kekurangan apotik online
Sebuah program yang besar atau nama besar penyelenggara dapat membawa
dampak memperluas target audience yang begitu besar dan kepercayaan akan
kekuatan image produk sponsor tersebut. Sponsor supporting juga
dapat menyebabkan reaksi yang baik konsumen dan aktifnya pasar.
5.Membangun Brand Awareness dalam jangka panjang
Tujuan utama dari sponsor adalah untuk membangun kesadaran merek
(Brand Awareness ) bagi produk dalam jangka panjang.
Keikut sertaan sponsor dalam sebuah program sebagai salah satu langkah melebar
diluar kekuatan program mereka sendiri, karena telah terbantu dengan
program tambahan (Additive programme support) yang dibuat oleh orang
lain.
6.Membangun kemitraan yang solid dan saling berdampak untuk jangka panjang
Banyak sekali Event Organizeratau penyelenggara acara melihat
pencarian sponsor semata-mata sebagai aktivitas penggalangan dana untuk
mendukung acara yang dibuat. Hal ini tidak dilihat sebagai hal yang
menguntungkan bagi pihak sponsor. Sponsorship lebih lanjut
dapat menjadi sebuah bentuk kerjasama kemitraan pemasaran antara
perusahaan pendukung dengan brand yang di programkan.
7.Menambahkan Pengalaman pemasaran produk dan penggalian orientasi Target
Audience
Saat ini para sponsor juga mengharapkan agar kita membantu mereka memahami
lebih mendalam mengenai orientasi dan perilaku kebutuhan dari para pengunjung
acara yang kita selenggarakan.
Banyak yang ingin mengetahui alasan
orang-orang tersebut mau untuk datang ke sebuah acara, apa yang menjadi daya
tarik utamanya, Bagaimana cara jitu penyampaian komunikasi bellow the line (non
iklan media massa) dimana produk dapat berhubungan langsung dengan konsumen,
Para sponsor juga ingin dapat memperbaiki atau meningkatkan pengalamannya.
8.Compability with the Company’s atau Brand positioning
Perusahaan yang mensponsori suatu kegiatan, biasanya mendapatkan fasilitas
eksklusif untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut (Massage capasity),
misalnya fasilitas tempat-tempat (space) tertentu untuk pemasangan logo brand
produk-produk perusahaan disekitar lokasi kegiatan event tersebut, dan juga
tentunya akan masuk dalam program broadcasting, iklan atau liputan ke media
massa.
9.Mempertimbangkan untuk mengungguli aktifitas event produk kompetitor
Persaingan sponsorship pada brand jenis tertentu dapat memberi kesempatan
untuk “mengadu” satu calon sponsor dengan yang lain dalam rangka mencari
benefit tertinggi. Jika sebuah produk minuman cmpetitor sudah
mensponsori suatu program event lain tapi
dalam penggolongan yang sama, sampaikan hal itu kepada calon sponsor
minuman anda. Mereka akan mempertimbangkan bargainyang ‘lebih’ untuk anda.
Saat ini tidak ada satu perusahaan pun yang memberikan dukungan materi atau
apapun dari permohonan yang tidak dikenal atau tidak jelas
reputasinya, Siapapun yang bersedia menyediakan sponsor pasti ingin
agar perusahaannya meraih keuntungan dari pengeluarannya, mendapatkan nama baik
atau agar dikenal lebih luas.
Sponsorship yang didasarkan pada kemitraan mampu memberikan beragam jenis
hasil yang menyebabkan sponsor manapun sulit untuk meninggalkan kerjasama
kemitraan tersebut. Investasi dalam bentuk tunai atau barang dalam suatu
kegiatan, yang akan mendapatkan imbalan sebagai akses potensi
komersial yang terkait dengan kegiatan ini.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan,
Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop,
Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan
& Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B,
Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar