KONSULTAN KLINIK
UNGGUL, +62 813-9864-6177, TAHAPAN UNTUK MEMBANGUN EMAIL MARKETING
Klinik Kecantikan Jakarta Barat, Klinik Kecantikan Cengkareng, Klinik
Kecantikan Grogol Petamburan, Klinik Kecantikan Kalideres, Klinik Kecantikan
Kebon Jeruk, Klinik Kecantikan Kembangan, Klinik Kecantikan Palmerah, Klinik
Kecantikan Tamansari, Klinik Kecantikan Tambora.
TAHAPAN UNTUK MEMBANGUN EMAIL MARKETING - Email marketing adalah
cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda
dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda. Menurut sebuah penelitian
yang dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan
surat elektronik semacam email. Sebuah pesan komersil yang dikirim kepada
pelanggan sehingga mereka akan tahu ada sesuatu yang baru dari produk atau jasa
yang Anda berikan. Pesan singkat ini bisa dikirim secara langsung pada email
pribadi atau berkelompok. Dalam hal ini Anda membutuhkan daftar email pelanggan
lama dan pelanggan baru Anda.
Untuk mencari daftar email bisa menggunakan layanan subscribe email di blog
atau bisa juga menggunakan jasa email marketing yang sekarang ini sudah banyak
di internet. Selain digunakan untuk memberikan informasi terbaru pemasaran
email bisa juga digunakan untuk menjalin komunikasi antara pelanggan, Jadi bisa
kita bilang kalau email adalah salah sarana komunikasi yang sangat baik dan
bahkan untuk menjalankan dunia marketing sangat direkomendasikan untuk
menjalankan bisnis online.
Berikut langkah-langkah membuat email marketing efektif:
1.Pilih Platform yang Tepat
Sebelum memulai mengirimkan email marketing, Anda perlu menentukan platform
email marketing yang paling tepat. Anda tidak bisa mengirimkan email marketing
hanya dengan menggunakan bantuan Gmail atau Yahoo karena jumlah email yang Anda
kirimkan sangat banyak. Terdapat berbagai platform yang bisa Anda gunakan
seperti MailChimp, ConstantContact, OmniSend, BenchMark, dan Zoho Campaign.Baca juga : sistem keungan rumah sakit
2.Grow Your Mailing List
Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membangun email list.
Tentu Anda memerlukan alamat email calon konsumen dan konsumen potensial agar
dapat mengirimkan email marketing.
Hal ini merupakan tantangan Anda sebagai pemilik bisnis untuk meyakinkan
calon konsumen agar bersedia memberikan alamat email mereka. Beberapa cara yang
dapat Anda terapkan untuk memperoleh alamat email konsumen adalah sebagai
berikut :
a.Berikan Tawaran Eksklusif dan Diskon Khusus
Anda dapat memberikan tawaran eksklusif seperti trial 30 hari atau diskon
khusus member. Dengan memberikan insentif yang sepadan dengan informasi
berharga yang mereka berikan, yaitu alamat email.
b.Adakan Undian atau Kontes
Anda juga bisa mendapatkan email calon konsumen dengan mengadakan undian
atau kontes. Tentu undian atau kontes yang diadakan harus berhubungan dengan
bisnis yang dijalankan agar Anda mendapatkan email dari calon-calon konsumen
potensial.
c.Berikan Konten Gratis
Cara lain yang dapat diterapkan adalah dengan memberikan konten gratis.
Anda dapat memberikan konten gratis seperti video tutorial, template, ataupun
e-book. Niagahoster sendiri memberikan e-book gratisdengan syarat pengunduh
harus mendaftarkan nama dan emailnya terlebih dahulu.
3.Segmentasi Konsumen
Dari sekian banyak alamat email yang diperoleh, terdapat berbagai jenis
konsumen. Anda perlu mengelompokkan konsumen-konsumen ini untuk meningkatkan
efektivitas email marketing yang akan dikirimkan. Segmentasi konsumen dapat
dibuat berdasarkan beberapa aspek seperti tipe konsumen, minat, lokasi, atau
engagement.
a.Tipe Konsumen
Terdapat empat tipe konsumen, yaitu konsumen potensial, konsumen baru,
konsumen loyal, dan konsumen tidak aktif. Konsumen potensial adalah yang belum
melakukan pembelian, sedangkan konsumen baru adalah yang baru melakukan
pembelian untuk pertama kali. Konsumen loyal adalah yang melakukan pembelian
produk secara reguler, sedangkan konsumen tidak aktif adalah yang tidak
melakukan pembelian dalam kurun waktu yang cukup lama.
b.Minat Konsumen
Semakin banyak konsumen, semakin beragam juga minat yang mereka miliki.
Apalagi jika Anda mengelola bisnis online dengan pilihan produk bermacam-macam.
Anda perlu memahami minat konsumen agar dapat membuat email marketing yang
lebih personal. Email yang dikirimkan tentu akan gagal jika Anda salah dalam
menganalisis minat konsumen.baca juga : hal yang harus diperhatikan sebelum pasang kawat gigi
c.Lokasi
Segmentasi berdasarkan lokasi biasanya dilakukan oleh bisnis online yang
juga memiliki toko fisik yang tersebar di berbagai lokasi. Promo dan penawaran
khusus di lokasi A mungkin berbeda dengan promo di toko B. Dengan begitu, Anda
dapat membuat email marketing yang mendorong konsumen untuk membeli di toko
fisik dengan kupon tertentu.
d.Engagement
Ketika Anda mengirimkan email marketing, terdapat dua kemungkinan, yaitu
konsumen membacanya atau tidak. Segmentasi berdasarkan engagement ini berfungsi
untuk menjangkau konsumen yang tidak membuka email yang Anda kirimkan. Anda
bisa menawarkan kembali diskon khusus atau penawaran spesial untuk tipe
konsumen ini. Jika konsumen tidak segera memberikan tanggapan dalam kurun waktu
tertentu, Anda dapat menghapusnya dari list. Hal ini bertujuan memangkas biaya
yang dikeluarkan untuk mengirimkan email kepada calon konsumen tidak potensial.baca juga : kekurangan dan kelebihan pasang kawat gigi
4.Buat Konten Menarik
Diperlukan konten yang bagus dan efektif untuk dapat merubah penerima email
marketing menjadi konsumen. Tentu konten email harus disesuaikan dengan
segmentasi konsumen yang sudah dibuat sebelumnya. Secara umum, terdapat
beberapa komponen konten email marketing yang harus ada, apapun tipe konsumen
yang dijangkau. Komponen-komponen tersebut adalah:
a.Format
Anda harus memastikan format email yang Anda kirimkan nyaman untuk dilihat
di perangkat desktop maupun mobile, mengingat banyaknya konsumen yang membuka
email melalui ponsel seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
b.Subject Email
Subject email adalah komponen yang pertama dibaca oleh konsumen sehingga
Anda perlu membuatnya semenarik mungkin, tetapi tetap sesuai dengan tujuan yang
ingin diraih.
c.Badan Email
Anda juga harus membuat konten email yang singkat dan jelas agar konsumen
paham apa yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan gambar agar
lebih menarik. Jangan membuat email yang bertele-tele agar email tidak hanya
dibuka, tetapi dibaca juga.
d.Call to Action
Call to Action di konten email penting agar konsumen tahu apa yang harus
dilakukan setelah memahami penawaran yang diberikan. Supaya konsumen tidak
terlalu banyak men-scroll email, ada baiknya meletakkan CTA di bagian awal
email. Selain itu, sebaiknya menggunakan gambar untuk CTA agar lebih menarik.
5.Memelihara Komunikasi dengan Konsumen
Melalui email marketing, Anda dapat membangun komunikasi yang lebih
personal dengan konsumen. Banyak ide konten email marketing yang dapat
diterapkan agar konsumen tidak bosan dengan konten yang selalu sama.
6.Evaluasi Email Marketing
Setelah mengirimkan email marketing kepada konsumen, Anda juga perlu
memeriksa dan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan email yang dikirimkan. Hal
ini diperlukan sebagai dasar untuk pengiriman email marketing selanjutnya agar
semakin efektif.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan,
Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop,
Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan
& Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B,
Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar