KONSULTAN KLINIK
UNGGUL, +62 813-9864-6177, UPAYA MENGEMBANGKAN BISNIS KLINIK KECANTIKAN SECARA OFFLINE
Konsultan klinik Jakarta Utara, Konsutan Klinik di Jakarta Utara, Konsultan Klinik Cilincing, Konsultan Klinik di Cilincinig, Konsultan Klinik Kelapa Gading, Konsultan Klinik di Kelapa Gading, Konsultan Klinik Pademangan, Konsultan Klinik di Pademangan, Konsultan Klinik Tanjung Priok, Konsultan Klinik di Tanjung Priok.
UPAYA MENGEMBANGKAN BISNIS KLINIK KECANTIKAN SECARA OFFLINE
Tahukah anda apa bisnis offline itu ? bisnis offline adalah bisnis pada
umumnya yang melaksanakan kegiatan usaha mulah dari produksi, hingga produk
didistribusikan, entah itu sebagai distriburot, sebagai produsen, sebagai
pengecer dan lain sebagainnya. Bisnis offline ini ada di dunia dan fisiknya
dapat dilihat secara nyata. Contohnya adalah toko toko swalayan, pabrik pabrik
dan lain sebagainya. Dan dalam kegiatan usaha yang dilakukannya, tidak
melibatkan internet atau dunia online sebagai basisnya, baik basis produksi,
basis distribusi dan lain sebagainya. Inilah yang dimaksud dengan bisnis
offline. Intinya bisnis ini bisa dilihat secara nyata dan ada disuatu tempat
tertentu di dunia, bukan di dunia maya.
Persamaan antara bisnis offline dan bisnis online terletak pada pergerakan
usahanya. Baik di dunia bisnis offline dan dunia bisnis online, sama sama
memiliki tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan dan penghasilan. Keduanya
sama sama memiliki sktor atau uni produksi, namuan tidak bisa di lihat secara
nyata atau sistem komputerisasi untuk bisnis online, contonya seperti iklan dan
sebagainnya, tetapi unit produksi bisnis offline bisa dilihat fisiknya secara
nyata contohnya adalah pabrik pabrik pdoruksi.
Selain itu ada kesamaan lainnya yang paling dilihat yaitu sama sama
memiliki tempat untuk melakukan perdagangan atau pendistribusian. Apa
contohnya, jika di dunia bisnis offline kita mengenal toko toko yang menjual
suatu produk hasil produksi dalam bidang bisnis, di dunia maya atau bisnis
online kita juga bisa menemukannya yaitu toko online seperti lazada dan lain
sebagainnya.
Perbedaan Bisnis Offline dan Online adalah pada sektor basisnya. Yang
paling dominan adalah dilihat dari keterlibatan internet dan komputerisasi
dalam dunia bisnis online. Setiap kegiatan usaha yang ada di bidang bisnis
online, pasti melibatkan internet, sesuai namanya yaitu online.
Berbeda dengan bisnis offline atau bisnis yang dijalankan secara dunia
nyata atau dapat dilihat fisiknya. Bisnis ini dilakukan secara langsung dan ril
dan tidak melibatkan dunia maya sebagai salah satu aspek pelaksanaan kegiatan
usahanya.
Ciri Bisnis Offline
a.Memiliki unit produksi secara nyata atau rill
b.Memiliki toko sebagai tempat pemasaran secara nyata atau rill
c.Tidak melibatkan internet dalam kegiatan usahanya, baik untuk produksi,
distribusi dan lain sebagainya.
Berikut Upaya Mengembangkan Bisnis Secara Offline
1.Membuat kartu nama perusahaan
Ini adalah cara yang paling mudah dan murah. anda dapat memberikan kartu
nama ke tetangga dan relasi bisnis, atau selipkan ke dalam buku dan majalah
yang relevan ditempat yang strategis. Kartu nama dapat disimpan dimana saja
asalkan tidak lupa menaruhnya dimana. Anda bisa menaruh atau menyimpan kartu
nama didalam dompet atau dimap khusus kartu nama,dll. Untuk pembuatan kartu
nama pun tidak memerlukan biaya yang mahal.
Kartu Nama adalah sebuah kartu yang menyampaikan informasi tentang sebuah
perusahaan ataupun individu yang disampaikan hanya sebagai pengingat dalam
sebuah perkenalan formal. Pada umumnya kartu nama berisi tentang nama
perusahaan (termasuk logo perusahaan) dan alamat pos, nomor telepon, nomor fax
dan email, situs web. Ada dua metode untuk mencetak kartu nama yaitu dengan
menggunakan mesin digital dan mesin offset.
2.Berbicara disebuah acara
Anda dapat mencari sebuah acara yang berhubungan dengan industri
perdagangan. Persiapkan pidato atau kata – kata yang akan disampaikan dalam
acara yang membantu dalam mempromosikan produk anda. Hal ini akan meninggalkan
kesan abadi dengan rekan – rekan bisnis lainnya dan dapat menciptakan
repesentasi visual dari bisnis anda. Kalimat – kalimat yang digunakan untuk
berbicara disebuah acara ialah menggunakan bahasa yang baku agar dapat dipahami
oleh pendengar.
Dengan hal ini bisa jadi para
pebisnis ingin bekerja sama dengan bisnis anda. Yang harus dihindari ketika
berbicara disebuah acara ialah jangan gunakan kalimat yang berbelit karena
dapat mengganggu proses anda dalam menyampaikan isi pidato.
3.Memberikan hadiah atau sumbangan
Hadiah adalah pemberian uang , barang, jasa, dll yang dilakukan tanpa ada
kompensasi balik walaupun dimungkinkan pemberi hadiah mengharapkan adanya imbal
balik, ataupun dalam bentuk nama baik (prestise) atau kekuasaan. Menjadi sebuah
sponsor dalam acara amal atau acara-acara di manapun dapat menjadi cara
sederhana untuk membangun hubungan pribadi dengan masyarakat karena
berpartisipasi dalam tujuan baik. Paling tidak, pihak yang mendapatkan hadiah
ini akan menggunakan produk atau jasa Anda.
4.Berkomunikasi dengan media lokal
Meskipun saat ini media online sedang menguasai, media cetak juga masih
efektif. Anda dapat memberikan siaran pers untuk majalah atau koran yang sesuai
audiens Anda. Komunikasi adalah sebuah proses
dinamis untuk menciptakan makna melalui berbagai simbol baik verbal maupun
nonverbal. Maksud dari komunikasi dengan media lokal ialah melakukan hubungan
timbal balik dengan masyarkat lokal atau pebisnis lokal.
5.Mengirim surat
Meskipun kebanyakan orang sudah menggunakan e-mail atau snail mail,
ternyata surat-menyurat dengan kertas atau jasa pos masih menjadi metode
pemasaran yang dapat diterima. Kirim kupon atau update produk baru, sampel
produk, newsletter, dll. Anda bisa mengirimkan surat ke rekan pebisnis atau ke
toko babyshop lainnya agar bisa berkerjasama dengan.
Tapi diera globalisasi ini sudah jarang juga orang menggunakan surat
menuyurat untuk melakukan kerja sama tetapi apa salahnya jika belum dicoba.
Surat menyurat bisa diartikan sebagai proses mengirimkan surat kepada orang
yang dituju atau kegiatan untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara
pihak satu ke pihak lainnya.
6.Membuat panggilan telefon
Mengumpulkan daftar pelanggan potensial dan menelefon dapat menjadi salah
satu strategi pilihan. Anda perlu menyesuaikan percakapan untuk setiap
pelanggan sesuai waktu dan kebutuhan mereka. Langkah ini dapat membantu anda
membangun hubungan kolaboratif dengan bisnis lain dan berpotensi mendapatkan
beberapa pelanggan baru di sepanjang jalan.
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara
(terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi
dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga
memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
7. Berpartisipasi dalam pameran
Pameran dagang atau ekspo menempatkan anda berada di bawah atap yang sama
dengan kompetitor. Anda dapat mempelajari bisnis mereka, memeriksa materi
pemasaran mereka dan umumnya mendapatkan wawasan dalam strategi mereka.
Sebenarnya partisipasi adalah suatu gejala demokrasi dimana orang
diikutsertakan dalam suatu perencanaan serta dalam pelaksanaan dan juga ikut
memikul tanggung jawab sesuai dengan tingkat kematangan dan tingkat
kewajibannya. Partisipasi itu menjadi baik dalam bidang-bidang fisik maupun
bidang mental serta penentuan kebijaksanaan.
8. Mengubah kemasan untuk menarik pelanggan
Mungkin sudah saatnya untuk menyegarkan penampilan yang baru pada produk
anda. Luangkan waktu untuk meninjau kembali kemasan produk anda karena
perubahan sekecil apa pun bisa membuat perbedaan besar. Yang harus dilakukan
ialah anda harus merancang tema terlebih dahulu lalu kemudian anda dapat
meminta bantuan pada jasa print dan dapat diaplikasikan atau ditempel pada
produk bisnis anda. Orang memilih produk kadangkala dari segi tampilan dan juga
kualitasnya. Harga yang sesuai dan tampilan produk menarik akan menambah kesan
tersendiri pada pelanggan.
9.Mensponsori acara komunitas
Jika keuangan memungkinkan, ini adalah cara yang fenomenal untuk
menyebarkan bisnis anda dengan jauh dan luas. anda bisa bekerja sama dengan
lembaga nonprofit untuk menjadi tuan rumah penggalangan dana. Dalam acara itu,
anda bisa memberikan barang-barang produksi anda, kupon, pamflet maupun kartu
diskon.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan,
Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop,
Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan
& Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B,
Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar