KONSULTAN KLINIK
TANGGUH, +62 813-9864-6177, TIPS AGAR BISNIS TETAP EKSIS
Konsultan Klinik Jakarta Pusat, Konsultan Klinik di Jakarta Pusat, Konsultan Klinik Gambir, Konsultan Klinik di Gambir, Konsultan Klinik Kemayoran, Konsultan Klinik di Kemayoran, Konsultan Klinik Kemayoran, Konsultan Klinik di Kemayoran, Konsultan Klinik Johar Baru, Konsultan Klinik di Johar Baru, Konsultan Klinik Menteng, Konsultan Klinik di Menteng.
TIPS AGAR BISNIS TETAP EKSIS
Bisnis adalah usaha menjual
barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau
organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah
memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis
adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).
Mungkin anda merasa bila bisnis atau perusahaan anda telah memiliki nama,
dan memiliki banyak sekali konsumen loyal. Sayangnya, semua itu bukan jaminan
untuk bisnis anda akan bertahan. Kebutuhan konsumen akan hal baru, bisa saja
membuat mereka merasa bosan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.
Konsumen bisa saja mencari perusahaan yang menyediakan produk dengan inovasi
baru, sehingga anda akan kehilangan mereka.
Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis
1. Pastikan perusahaan telah memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen
Konsumen merupakan sumber keuntungan dari bisnis dan perusahaan anda.
Karena, dengan adanya konsumen, maka produk atau jasa yang anda tawarkan akan
memiliki daya jual. Saat mengunjungi perusahaan anda, tentu saja konsumen ingin
diperlakukan dengan maksimal.
Oleh karenanya fokus untuk memberikan kepuasan kepada konsumen anda,
merupakan suatu hal yang wajib. Selain itu, konsumen yang diberikan pelayanan
yang maksimal, maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk ikut serta
mengajak orang lain menjadi konsumen anda, serta mereka akan bersedia untuk
menjadi pelanggan loyal bagi perusahaan anda.
2. Inovasikan produk anda agar masyarakat semakin tertarik
Seperti yang dijelaskan di atas tadi, bila masyarakat kini menuntut adanya
produk yang memiliki inovasi baru, serta berbeda dari produk pada umumnya. Anda
mungkin dapat memperbarui ide-ide dalam produk atau jasa yang anda tawarkan,
agar masyarakat semakin tertarik untuk mencoba produk tersebut, serta menjadi
konsumen anda.
Menciptakan produk atau jasa baru memang bukan sesuatu yang mudah, dan juga
tidak murah. Mungkin anda dapat memperkerjakan kariawan yang memiliki ide
sangat luas, serta pengalaman yang matang dalam bidangnya bila ingin berinovasi
dan menciptakan produk baru. Namun, modal untuk berinovasi saya rasa cukup
kecil, bila dibandingkan dengan keuntungan yang akan anda dapatkan setelah
produk atau jasa laku terjual.
3. Mengikuti trend dan perkembangan yang ada di pasaran
Bila poin kedua mengajak anda untuk melakukan inovasi dengan menciptakan
sesuatu yang baru, maka poin ketiga ini sedikit mirip tetapi berbeda juga. Di
poin ini, anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan trend yang ada di
pasaran. Tidak perlu memberikan banyak inovasi, cukup dengan menyediakan produk
yang sedang diminati oleh masyarakat saja. Hanya saja, pada produk atau jasa
yang anda tawarkan, perlu diberikan sedikit pembeda agar tidak menimbulkan kesan
menjiplak produk orang lain.
4. Siasati pergerakan kompetior bisnis
Tips agar bisnis anda tetap eksis yang selanjutnya, yakni selalu perhatikan
dan siasati pergerakan kompetitor bisnis. Persaingan sudah menjadi “bumbu”
dalam perjalanan bisnis dan perusahaan anda. Bahkan, bisa saja persaingan
tersebut berasal dari banyak perusahaan, karena ide produk atau jasa yang
ditawarkan memang sedikit mirip.
Maka dari itu, selalu perhatikan perkembangan serta strategi apa yang
mereka terapkan. Karena, dengan mengetahui cara mereka melakukan strategi
perdangangan, maka semakin mudah juga untuk mengatasi “larinya” semua konsumen
ke perusahaan mereka. Tentunya selalu perhatikan agar persaingan yang anda
lakukan, adalah persaingan yang sehat.
5. Perluas jaringan bisnis
Memperluas jaringan bisnis, bisa ditempuh dengan melakukan beberapa teknik
promosi yang hasilnya terbukti sangat ampuh dalam menarik hati masyarakat.
Salah satu teknik berpromosi yang terbukti ampuh saat ini, yakni dengan
memanfaatkan media internet sebagai sarana dalam mempromosikan produk serta
jasa yang anda tawarkan.
Tentu saja hal ini dibarengi dengan pengguna internet yang semakin
meningkat dari hari-kehari, serta internet yang tidak memiliki batasan dalam
jarak, serta waktu. Selain melakukan promosi, memperluas jaringan bisnis, bisa
anda lakukan dengan membangun relasi dalam bisnis anda. Membangun relasi, atau
kerjasama antar pedagang juga merupakan cerminan dari persaingan yang dilakukan
secara sehat.
6. Berikan harga produk yang berkualitas dengan harga yang lebih murah dari
pesaing
Berbicara tentang harga, tentu saja akan langsung berkaitan dengan
keuntungan yang akan didapatkan. Kebanyakan perusahaan selalu mengambil
keuntungan, dengan menetapkan harga yang sangat mahal untuk setiap produk atau
jasa yang ditawarkannya. Meskipun produk atau jasa tersebut benar-benar
berkualitas, namun konsumen akan berpikir berulang-ulang sebelum memutuskan
untuk menggunakan jasa atau membeli produk anda. Hal ini tentu sama saja dengan
“membuang” kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru.
7. Buatlah bisnis memiliki ciri khasnya sendiri
Ciri khas bisnis sangat penting agar bisnis anda tetap eksis di pasaran.
Tentu saja karena saat bisnis anda memiliki ciri khas yang berbeda dari
perusahaan sejenis, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk menjadi
konsumen anda, selain itu ciri khas juga mempermudah masyarakat untuk menghafal
perusahaan anda.
8. Fokus dan serius untuk mengembangkan bisnis anda
Fokus dan serius merupakan hal yang sangat penting bila ingin bisnis
berkembang. Sudah saatnya anda mengesampingkan kebutuhan pribadi dan lebih berfokus
untuk mengembangkan binsis yang anda punya, terlebih lagi bila perusahaan anda
masih tergolong baru. Anda dapat berfokus kepada pelayanan, kualitas serta mutu
dari produk atau jasa yang anda tawarkan.
9. Pekerjakanlah SDM yang berkualitas
Perkembangan serta eksistensi perusahaan sangat bergantung bukan hanya
kepada pemimpin perusahaan, tetapi sumber daya manusia atau kariawan yang anda
pekerjakan juga meruakan kunci sukses dalam mempertahankan eksistensi sebuah
bisnis atau perusahaan. Maka dari itu, pastikan anda benar-benar menyeleksi
pekerja yang memiliki kemampuan yang benar-benar baik dalam bidangnya, selain
itu penting untuk memperkerjakan kariawan yang bertanggung jawab akan
pekerjaan, serta perusahan tempat dia bekerja.
10. Pikirkan sejak jauh hari, penanganan bila bisnis mengalami keterpurukan
Setiap pengusaha tentunya ingin bisnis mereka berjalan dan berkembang
sesuai rencana. Sehingga kata gagal tidak ada dalam kamus mereka. Akan tetapi,
memikirkan penanganan saat bisnis anda mengalami keterpurukan merupakan hal
yang sangat penting untuk dilakukan. Meskipun tidak ingin terpuruk, namun
mencegah tentunya lebih baik bukan.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan,
Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop,
Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan
& Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B,
Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar