KONSULTAN KLINIK
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, PENYEBAB TERHAMBATNYA PELAKSANAAN SOP
Konsultan Klinik Jakarta Timur, Konsultan Klinik di Jakarta Timur, Konsultan Klinik Ciracas, Konsultan Klinik di Ciracas, Konsultan Klinik Pulo Gadung, Konsultan Klinik di Pulo Gadung, Konsultan Klinik Matraman, Konsultan Klinik di Matraman.
Penyebab Terhambatnya Pelaksaan SOP -
SOP merupakan singkatan untuk standar operasional prosedur. SOP ini merupakan
dokumen yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang ditetapkan oleh
perusahaan. SOP juga bisa diartikan sebagai panduan untuk menjalankan tugas dan
fungsi perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki SOP sendiri-sendiri
tergantung kebutuhannya. SOP tiap perusahaan biasanya berbeda satu dengan
lainnya namun prosentase perbedaannya hanyalah kecil.
Manfaat SOP
Manfaat SOP ini lumayan banyak dan terbukti
meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu mampu juga meningkatkan
efisiensi tugas dan tanggung jawab setiap karyawan yang bekerja
dalam perusahaan anda. Manfaat lain dari SOP ini juga bisa anda temukan dalam
ulasan berikut ini :
1.Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi
Adanya SOP mampu meningkatkan transparansi transaksi
dalam perusahaan anda. SOP juga bisa dijadikan bentuk tanggung jawab individu
dalam pekerjaannya.
2.Sebagai Pedoman
SOP juga bermanfaat membantu karyawan baru untuk lebih
mudah beradaptasi dalam mekanisme kerja perusahaan. SOP juga mampu meningkatkan
ukuran standar kinerja pegawai sehingga pelayanan yang diberikan bisa lebih
maksimal.
3.Menghindari Tumpah Tindih Pekerjaan
SOP juga bisa digunakan untuk menghindari tumpah
tindih pekerjaan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya.
4.Jobdesk lebih Jelas
Adanya SOP juga memberikan informasi alur tugas,
wewenang dan tanggung jawab yang jelas setiap individu. Inilah yang membuat
setiap individu mampu lebih fokus dalam pekerjaannya.
5.Mendeteksi Hambatan Pekerjaan
SOP juga digunakan untuk mendeteksi hambatan yang
dialami perusahaan. Dengan mengetahui hambatan ini perusahaan bisa menemukan
solusi untuk memecahkan hambatan tersebut.
Hambatan Pelaksanaan SOP
Walaupun memiliki segudang manfaat sayangnya ada pula
permasalahan yang timbul sehingga pelaksanaan SOP jadi gagal untuk
diimplementasikan. Hambatan pelaksanaan SOP yang umumnya terjadi adalah sebagai
berikut :
1.Partisipan Yang Belum Siap
Hambatan pertama bisa saja muncul dari para partisipan
SOP ini atau pihak yang menjalankannya yang belum mengerti dan memahami SOP
yang telah ditetapkan. Sumber daya manusia yang kurang memahami bagaimana alur
SOP membuatnya hanya mangkrak di tengah jalan. Solusi terhadap hambatan ini
adalah penting untuk melakukan training bagi karyawan sehingga mereka bisa
mengerjakan jobdesk yang ditugaskan dengan baik. Beberapa perusahaan bahkan
mentraining karyawan baru untuk mengikuti SOP hingga 1 tahun lamanya.
2.Tak Berlakunya Reward dan Punishment
SOP gagal diimplementasikan bisa saja karena kurang
tegasnya aturan yang ditetapkan. Untuk itu penting bagi anda untuk
memberlakukan reward dan punishment. Bagi mereka yang melanggar akan
mendapatkan hukuman tersendiri dan bagi mereka yang mampu mengikuti SOP dengan
baik perlu mendapatkan apresiasi berupa hadiah. Inilah yang membuat perusahaan
gemar mengadakan event seperti employee of the year sebagai motivasi karyawan
dalam bekerja.
3.Sistem Yang Belum Sempurna
Hambatan pelaksanaan SOP bisa juga timbul dari sistem
itu sendiri. Mungkin saja sistem yang anda pakai tidak sesuai dengan kebutuhan
perusahaan sehingga timbul kekurangan disana-sini. Anda bisa melakukan evaluasi
sistem setiap bulannya untuk mendeteksi kekurangan dari sistem lama yang
digunakan. Bentuk tim audit tersendiri yang khusus bertugas untuk mengaudit SOP
perusahaan sehingga SOP yang kurang sempurna bisa disempurnakan.
4.Kurang Pengawasan
SOP juga bisa terhambat jika anda tidak mengawasi
jalannya SOP tersebut. Inilah yang membuat peran supervisor menjadi sangat
penting bagi perusahaan. Tentunya jabatan sebagai pengawas ini harus ditujukan
pada orang yang memiliki ketegasan dan kedisiplinan tinggi. Tak hanya karyawan
di bawah anda saja yang harus mengikuti SOP namun anda sendiri juga
harus mengikuti SOP.
5.Cara Penyampaian SOP Kurang Menarik
Cara penyampaian SOP juga harus menarik dan tidak
membosankan jika anda ingin SOP ini segera diimplementasikan. Jangan hanya
menggunakan chart flow atau diagram namun pakai pula daftar checklist atau instruksi
kerja. Dengan menggunakan checklist anda juga bisa mendeteksi kekurangan
dokumen dan lebih efektif ketimbang hanya mengingat dari diagram.
6.SOP Dibuat Dari Sudut Pandang Satu Sisi Saja
Gagalnya SOP untuk diimplementasikan bisa saja karena
hanya dirancang dari sudut pandang perusahaan. Dalam merancang SOP anda juga
perlu mempertimbangkan sudut pandang klien yang menikmati produk anda. Dengan
memperhatikan dua sisi yang berbeda maka juga mampu meningkatkan pelayanan dari
segi konsumen.
Cara Menyusun SOP
Dalam menyusun SOP anda bisa menggunakan anjuran
PERMENPAN seperti dimulai dari membuat susunan kerja. Jika perusahaan anda
merupakan perusahaan skala besar dengan banyak divisi maka minta bagian manajer
atau kepala bagian untuk menentukan topik SOP dalam setiap divisi. Selanjutnya
rencanakan alur proses kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui
bagaimana karyawan anda biasanya bekerja. Setelah itu tulis kemudian diskusikan
dan sosialisasikan dengan mengadakan pelatihan. Tidak lupa lakukan evaluasi
untuk mengetahui apakah karyawan bisa mengikuti SOP yang ditetapkan atau tidak.
Dari evaluasi ini perusahaan juga bisa mengetahui apakah SOP memiliki kelemahan
atau tidak.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar