KONSULTAN KLINIK
TERPECAYA, +62 813-9864-6177, CARA MEMENANGKAN PERSAINGAN HARGA TANPA BANTING HARGA
Konsultan Klinik
Jakarta Pusat, Konsultan Klinik di Jakarta Pusat, Konsultan Klinik Jakarta
Barat, Konsultan Klinik di Jakarta Barat, Konsultan Klinik Jakarta Timur,
Konsultan Klinik di Jakarta Timur, Konsultan Klinik Jakarta Selatan, Konsultan
Klinik di Jakarta Selatan, Konsultan Klinik Jakarta Utara, Konsultan Klinik di
Jakarta Utara.
Cara Memenangkan Persaingan Harga - Persaingan dalam dunia usaha
bukanlah satu hal yang aneh. Bahkan akhir-akhir ini bentuk persaingannya sudah
semakin parah, bukan lagi bersaing meningkatkan pelayanan untuk konsumen, tapi
malah bersaing menurunkan harga, berlomba-lomba agar lebih murah daripada
kompetitor. Ini adalah bentuk persaingan yang tidak waras, kompetisi yang
justru melemahkan brand positioning produk dimata konsumen.
Kompetisi yang sesungguhnya adalah yang menguatkan jati diri produk Anda,
bukan saling berupaya menebarkan kesan "murahan" atau
"gampangan" terhadap produk masing-masing. Kalau sudah begini,
kompetisi bisnis menjadi alasan untuk saling menghabisi, dan malangnya,
termasuk juga menghabisi diri sendiri. Cepat atau lambat, produk Anda akan
kehilangan pasar.
Mulai bertanya bagaimana cara memenangkan persaingan bisnis tanpa harus
ikut perang harga? Saya akan ungkapkan empat kiat yang bisa dijadikan inspirasi
baru untuk membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.
1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan
Sebelum Anda melangkah lebih jauh, terlebih dahulu harus bisa menakar
keunggulan dan kekurangan bisnis Anda. Jujurlah dalam menilai binis Anda
sendiri agar tidak berkecimpung dalam pangsa pasar yang salah. Tuliskan
point-point yang menjadi keunggulan Anda, dan tidak lupa menuliskan juga point
yang menjadi kelemahan Anda. Setelah itu Anda harus fokus terhadap keunggulan dan
mulai merancang kampanye iklan yang dapat menutup kekurangan Anda.
Misal, jika ternyata kekurangan produk Anda bukanlah yang pertama
dikategori produk yang sama, maka Anda harus bisa menjadi yang tercepat, atau
menjadi yang terbagus. Bukan tidak mungkin jika Anda mengupayakan hal ini
dengan tepat, justru dari kelemahan itulah akan tumbuh keunggulan baru yang
tentu saja tidak menghilangkan keunggulan utama Anda.
2. Buat Perbedaan Pelayanan
Memenangkan persaingan bukan berarti menjadi yang termurah. Itu hanyalah
produk dari pemikiran kerdil, yang hanya memikirkan keuntungan jangka pendek
dan malah merugikan jangka panjang. Anda harus membuat perbedaan dari
kompetitor. Perbedaan ini bukan hanya dalam sudut pandang produknya. Jika
ternyata produk Anda serupa dengan kompetitor, maka buatlah pembeda dalam sisi
pelayanannya.
Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat respon dan
memperhatikan kebutuhan pelanggan melalui after sales service. Sering saya
menuliskan pada artikel-artikel sebelumnya bahwa terkadang calon konsumen
memutuskan untuk membeli bukan semata karena kebutuhan mereka atas produk Anda,
tapi terkadang karena kedekatan mereka dengan Anda.
Anda bisa memulai memberikan perhatian kecil kepada mereka. Berikan ucapan
selamat kepada konsumen yang berulang tahun atau baru saja melangsungkan
pernikahan di hari itu. Lakukan secara konsisten, maka Anda akan melihat
hasilnya.
3. Tingkatkan Kualitas, Tingkatkan Value
Kualitas tidak bisa dibohongi dengan iklan. Sehebat atau semahal apapun
iklan yang Anda buat untuk menarik minat konsumen, tentu saja tidak mungkin
bisa mendeliver value produk yang sesungguhnya. Kalau sekedar brand image,
mungkin bisa. Tapi untuk value jangka panjang kualitaslah yang menentukan.
Semakin baik kualitas produk Anda semakin konsumen setia untuk membeli produk
Anda dikemudian hari.
Mulailah eksplorasi menyeluruh terhadap produk Anda. Mulai dari hal yang
utama, sampai dengan hal pendukung. Mulai dengan manfaat produknya sampai
dengan kemasan produknya. Jangan pernah menyepelekan desain kemasan hanya
karena itu bukan termasuk komponen utama yang Anda jual. Buatlah desain kemasan
yang menarik dan lebih cepat membangkitkan hasrat konsumen untuk membeli.
4. Berikan Voucher, Bukan Diskon
Memberikan voucher belanja tidaklah sama dengan memberikan diskon. Voucher
belanja bisa menjadi investasi keuntungan yang Anda dapatkan dari konsumen.
Sedangkan diskon adalah potongan harga. Tentu saja memberikan voucher ini harus
dengan trik tersendiri. Berikanlah voucher kepada konsumen yang telah membeli
produk Anda, dan voucher tersebut baru bisa digunakan pada pembelian produk
selanjutnya. Sudah jelas kan? voucher berbeda dengan diskon.
Voucher akan menjadi pengikat antara konsumen dengan Anda. Kecenderungan
konsumen untuk kembali membeli akan lebih besar karena mereka tidak ingin
menyia-nyiakan voucher yang telah mereka dapatkan pada pembelian sebelumnya.
Dengan begitu secara tidak sadar Anda sudah melakukan treatment terhadap
konsumen untuk menjadi pelanggan tetap.
Saya harap pemaparan singkat 4 rahasia memenangkan kompetisi bisnis diatas
bisa memberikan inspirasi segar untuk ide pemasaran bisnis Anda. Jika ingin
menjadi pemenang, lakukanlah semua upaya dengan elegan, penuh kreatifitas dan
pantang menyerah. Karena disinilah letak perbedaan seorang entrepreneur dengan
pedagang kaki lima.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan,
Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop,
Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan
& Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B,
Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up
: Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar