KONSULTAN KLINIK
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, MELAKUKAN RISET PEMASARAN
Konsultan Kinik Jakarta Barat, Konsultan Klinik di Jakarta Barat,
Konsultan Klinik Cengkareng, Konsultan Klinik di Cengkareng, Konsultan Klinik
Palmerah, Konsultan Klinik di Palmerah, Konsultan Klinik Kalideres, Konsultan
Klinik di Kalideres, Konsultan Klinik Kembangan, Konsultan Klinik Kembangan.
Langkah Melakukan Riset Pemasaran -
Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran. Riset
pemasaran harus dilakukan secara sistematis, yakni mulai dari perumusan
masalah, perumusan tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, hingga
interpretasi dari hasil riset pemasaran yang diperoleh.
Riset pemasaran dilakukan sebagai upaya memberi
masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen
akan mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa
yang masih sesuai dilakukan untuk merebut peluang.
Banyak orang yang seringkali masih bingung dengan
istilah riset pemasaran. Riset pemasaran (marketing research) seringkali
disamakan dengan riset pasar (market research), padahal keduanya merupakan
istilah yang berbeda. Riset pasar berfokus pada pasar yang telah ditentukan
secara spesifik. Sementara, riset pemasaran memiliki arti yang lebih luas.
Riset pemasaran tidak hanya terpaku pada aspek pasar atau produk, namun juga
mencangkup hal-hal di luar itu. Singkatnya, riset pasar bisa disebut sebagai
bagian dari riset pemasaran.
Fungsi Riset Pemasaran
Riset pemasaran merupakan sebuah langkah penting yang
harus dilakukan oleh perusahaan untuk membantu menyusun perencanaan pemasaran.
Program pemasaran pada tahun yang baru biasanya turut dipengaruhi oleh hasil
riset pemasaran yang dilakukan perusahaan di akhir tahun. Riset pemasaran dapat
diibaratkan sebagai mata dan telinga perusahaan untuk mengetahui bagaimana
pandangan dan keinginan konsumen terhadap perusahaan. Riset pemasaran memiliki
tiga fungsi utama, yaitu:
a. Evaluating
Fungsi riset pemasaran yang pertama adalah evaluating.
Riset pemasaran yang dilakukan untuk fungsi ini biasanya digunakan untuk
mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Fungsi
evaluating dalam riset pemasaran ini juga termasuk ketika perusahaan ingin
melakukan review terhadap brand positioning yang dibandingkan dengan produk
pesaing.
b. Understanding
Fungsi riset pemasaran kedua adalah understanding.
Fungsi riset pemasaran ini menekankan pada tujuan untuk memahami konsumen sebagai
salah satu insight atau masukan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan
memahami konsumen, perusahaan akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan
keluhan konsumen. Dalam menjalankan fungsi ini, riset pemasaran yang dilakukan
biasanya adalah riset yang menggambarkan potret kebiasaan dan perilaku konsumen
serta harapan dan keluhan mereka terhadap produk.
c. Predicting
Fungsi riset pemasaran ketiga adalah predicting.
Fungsi riset pemasaran yang terakhir ini merupakan fungsi yang sebenarnya
paling sulit untuk dilakukan. Dunia ini penuh dengan ketidakpastian, sehingga
prediksi yang dilakukan dalam riset pemasaran sangatlah berisiko karena
sifatnya yang sangat relatif. Ketika sebuah brand ingin membidik pasar baru,
maka riset pemasaran selalu dijadikan bahan acuan utama. Begitu pun ketika
perusahaan ingin menyusun strategi pemasaran baru, riset pemasaran masih
menjadi penilaian utama.
Langkah sistematis yang harus dilakukan dalam
menjalankan riset pemasaran diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Merumuskan Masalah
Hal pertama kali yang harus dilakukan untuk
menjalankan riset pemasaran adalah merumuskan masalah. Proses perumusan masalah
ini sangat penting untuk dilakukan agar kita mengerti betul dengan tujuan yang
akan dicapai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun untuk
menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas
permasalahan yang sedang kita hadapi dalam bisnis.
Misalnya permasalahan kita adalah ingin menentukan
besarnya biaya yang akan digunakan untuk promosi atau iklan. Perumusan
masalahnya adalah bagaimana cara mengetahui besarnya biaya yang diperlukan.
Sedangkan kesimpulan yang akan didapat adalah dalam bentuk kisaran nilai dari
biaya promosi yang paling ideal.
2. Menentukan Desain Riset
Desain riset dibutuhkan untuk menentukan prosedur
secara rinci mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa, dan
kemungkinan melakukan kuesioner dengan berbagai model yang ditentukan.
Penentuan desain riset biasanya didasarkan pada parameter yang akan diambil
untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.
3. Merancang Metode Pengumpulan Data
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data
primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil langsung dari
lapangan, sedangkan data sekunder biasanya berupa data yang diambil dari buku,
Internet, dan pustaka lainnya yang relevan. Anda perlu menentukan bagaimana
cara mengumpulkan data-data tersebut dan dihimpun menjadi sebuah database.
4. Mengambil Sampel & Mengumpulkan Data
Selanjutnya Anda melakukan pengambilan sampel dan
mengumpulkan data di lapangan. Anda bisa melakukan pengambilan sampel
didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability atau non
probability sampling.
5. Melakukan Analisa & Interpretasi Data
Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah bisa menjadi
sebuah kesimpulan jika tidak dilakukan analisis dan interpretasi data. Anda
bisa mulai dari editing, koding, tabulasi, analisa statistik, dan interpretasi
data. Data yang diolah inilah yang akan memberikan petunjuk pada kesimpulan
yang akan Anda ambil.
6. Menyusun Laporan Riset
Laporan riset pemasaran bisa berupa laporan hasil,
kesimpulan, serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen.
Kemudian pihak manajemen akan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari
interpretasi data sebelumnya. Laporan riset inilah yang akan menjadi standar
penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset pemasaran.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar