KONSULTAN KLINIK
TERUJI, +62 813-9864-6177, HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN AGAR KLINIK KECANTIKAN BERJALAN LANCAR
Klinik Kecantikan Banjarmasin, Klinik Kecantikan di Banjarmasin, Klinik Kecantikan Samarinda, Klinik Kecantikan di Samarinda, Klinik Kecantikan Balikpapan, Klinik Kecantikan di Samarinda.
Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Klinik Kecantikan Berjalan Lancar
Pelayanan
merupakan kunci dalam sebuah Bisnis, namun tidak sedikit karyawan belum
memahami Sikap & gestur dalam pelayanan, hal ini adalah tugas seorang
manajer untuk membimbing anak buahnya, jadwal yang padat membuat pengarahan
karyawan menjadi tidak kondusif, lantas bagaimana cara mengatasi masalah ini
Bagi banyak pemilik bisnis, buku pegangan karyawan mungkin terdengar seperti birokrasi yang hanya perlu diperhatikan perusahaan besar. Dan beberapa mungkin tidak tahu apa itu atau bahkan tidak pernah memikirkannya. Tapi, sebenarnya, begitu anda mulai mempekerjakan lebih dari segelintir pegawai, sebuah buku pegangan bisa sangat berharga.
Dalam tutorial ini, anda akan belajar menulis buku pegangan karyawan. Temukan persis seperti apa buku pegangan karyawan, mengapa bisnis kecil anda mungkin memerlukannya, dan apa yang harus dilakukan di dalamnya. Kami juga akan menunjukkan beberapa template dan contoh untuk membantu anda memulai membuat buku pegangan karyawan usaha kecil anda sendiri.
Apakah anda siap untuk menulis buku pegangan karyawan usaha kecil anda?
1. Apa itu Buku Pegangan Pegawai?
Buku pegangan karyawan, juga kadang-kadang disebut petunjuk karyawan atau petunjuk kebijakan dan prosedur, adalah dokumen yang memberitahukan kepada anggota staf Anda apa yang diharapkan saat mereka bekerja untuk anda.
Meskipun sering kali berhubungan dengan rincian praktis seperti waktu liburan, tunjangan, prosedur disiplin dan sebagainya, ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengenalkan karyawan anda kepada perusahaan dengan cara lain. Anda bisa menjelaskan nilai perusahaan anda dan jenis tempat kerja yang anda miliki di dalamnya. Anda dapat membiarkan karyawan mengetahui siapa yang dapat mereka hubungi jika mereka memiliki pertanyaan atau masalah. Masih banyak lagi yang bisa anda masukkan dalam buku pegangan-juga kita akan membahas lebih detail isinya nanti di tutorial.
Tidak ada format yang ditetapkan untuk menulis buku pegangan karyawan. Ini adalah dokumen anda, dan anda dapat memilih bagaimana anda ingin berkomunikasi dengan karyawan anda-sebenarnya, nada dan format yang anda gunakan dapat mengkomunikasikan sesuatu tentang nilai perusahaan anda. Buku pegangan itu bisa santai atau formal, kontemporer atau tradisional, grafis-sarat atau teks-berat. Kita juga akan melihat beberapa contoh dan template di tutorial, jadi Anda bisa melihat bagaimana perusahaan lain menanganinya.
Secara tradisional, itu adalah buku cetak, dan banyak perusahaan masih menggunakan format itu. Tapi anda juga bisa membuatnya tersedia dalam bentuk digital, mungkin bisa diakses di intranet perusahaan atau shared file server. Itu sangat berguna jika karyawan anda sering bepergian atau bekerja jarak jauh-maka mereka dapat mengaksesnya dari mana saja.
Tujuan dasar dari sebuah buku pegangan karyawan adalah untuk menetapkan harapan. Ini memungkinkan karyawan anda mengetahui jenis manfaat dan dukungan apa yang dapat mereka harapkan dari anda, dan juga standar atau pekerjaan dan perilaku yang anda harapkan dari mereka sebagai gantinya. Ini memberi kejelasan pada kedua belah pihak.
Ketika anda baru memulai bisnis dan hanya memiliki satu atau dua anggota staf, anda mungkin tidak memerlukan buku pegangan karyawan - komunikasi informal bisa berjalan dengan baik pada skala itu. Tapi saat anda mulai berkembang, anda benar-benar akan mulai melihat manfaat memiliki dokumentasi yang jelas. Kita akan melihat beberapa manfaat di bagian berikutnya.
2. Manfaat Memiliki Buku Pegangan Pegawai
Jika anda tidak yakin tentang perlunya manual atau buku pegangan dalam bisnis anda, bacalah bagian ini untuk menemukan beberapa manfaatnya.
Ciptakan Kebijakan Tempat Kerja yang Lebih Baik
Poin utama dari buku pegangan karyawan adalah mendokumentasikan semua hal yang perlu diketahui anggota staf untuk melakukan pekerjaan mereka. Tapi terkadang, tindakan mendokumentasikan semua hal ini akan membantu anda menemukan cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu.
Anda mungkin menuliskan bagian tentang kebijakan kehadiran, misalnya, bila anda menyadari bahwa untuk beberapa fungsi pekerjaan, mungkin tidak masalah jika seseorang terlambat datang, selama mereka menyelesaikan pekerjaan (sementara untuk orang lain, mencatat waktu pada waktu tertentu mungkin sangat penting). Jadi anda menghasilkan formula yang lebih fleksibel daripada yang anda gunakan sebelumnya.
Bantu Karyawan Baru Segera Beradaptasi
Anda mungkin tahu bagaimana rasanya memulai pekerjaan baru. Begitu banyak wajah baru, kantor yang asing, proses dan jargon yang berbeda dari pekerjaan yang sudah anda gunakan sebelumnya. Dan biasanya anda memiliki seribu pertanyaan untuk diajukan, dan anda merasa tidak enak bertanya kepada mereka karena semua orang di sekitar tampak begitu sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri.
Buku pegangan karyawan yang ditulis dengan baik sangat cocok untuk membantu karyawan baru menemukan kaki mereka lebih cepat. Meskipun mereka mungkin tidak membaca keseluruhan sampul buku, mereka dapat menggunakannya sebagai referensi cepat untuk menjawab banyak pertanyaan dengan mudah.
Hindari Pertanyaan yang Konstan Mengenai Kebijakan
Jika anda tidak memiliki buku pegangan karyawan, mintalah pertanyaan yang biasanya paling sering ditanyakan-tidak hanya dari karyawan baru, tapi juga dari yang baru. Berapa hari libur yang kita dapatkan? Hari libur nasional mana yang harus dibayar? Apa aturan tentang konflik kepentingan atau bekerja di tempat lain?
Ada banyak hal di tempat kerja yang dapat menyebabkan kebingungan, dan anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk mengajukan pertanyaan yang sama-atau, lebih buruk lagi, jika karyawan mengikuti kebijakan yang salah karena mereka tidak bertanya.
Memiliki Segalanya di Satu Tempat
Terkadang, perusahaan memang memiliki kebijakan mereka yang terdokumentasi, namun dengan cara yang terfragmentasi. Beberapa hal dicatat di intranet, tapi di tempat yang berbeda, sementara yang lain hanya dikomunikasikan melalui email. Kapan pun karyawan perlu mencari sesuatu, mereka harus memulai berburu harta karun yang rumit.
Hal ini bisa mengganggu kinerja staf anda, dan ini jelas bukan cara kerja yang efisien. Buku pegangan karyawan mengumpulkan semuanya bersama-sama ke satu tempat, sehingga cepat dan mudah untuk menemukan informasi.
Komunikasikan Nilai Anda
Meskipun mudah terjebak dalam seluk beluk kebijakan dan prosedur, sebuah buku pegangan juga merupakan kesempatan anda untuk menceritakan kisah perusahaan anda dan membuat karyawan anda selaras dengan nilai-nilainya. Mengapa perusahaan anda ada? Apa yang sedang kamu kerjakan? Apa posisi anda pada hal-hal seperti keragaman dan tanggung jawab sosial? Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat karyawan anda termotivasi dan bersemangat dan memastikan semua orang memiliki halaman yang sama tentang nilai perusahaan.
Hindari tuntutan hukum
Saya sebutkan di bagian pertama bahwa tujuan dasar dari buku pegangan karyawan adalah untuk menetapkan harapan yang jelas di kedua belah pihak. Kejelasan itu juga bisa memberi anda perlindungan hukum.
Misalnya, katakanlah anda harus memecat salah satu karyawan anda karena kehadirannya yang buruk atau karena melecehkan rekan kerja. Karyawan tersebut dapat mencoba menuntut anda untuk pemecatan yang tidak adil, dengan alasan bahwa tidak pernah dijelaskan kepada mereka bahwa hal-hal itu adalah alasan untuk dipecat. Jika anda telah menetapkan kebijakan tersebut di buku pegangan anda dan mendokumentasikan fakta bahwa semua karyawan diberi salinannya, maka anda memiliki pertahanan yang lebih kuat.
3. Apa yang Harus Dimasukkan dalam Buku Pegangan Pegawai
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, tidak ada format yang diperlukan dalam menulis buku pegangan karyawan, namun ada beberapa bagian umum yang dimiliki oleh banyak perusahaan dan usaha kecil. Pada bagian ini, kita akan melihat bagian-bagian itu dan apa yang mungkin ingin anda sertakan. Namun perlu diingat bahwa anda dapat selalu menambahkan ini atau menyesuaikan dokumen untuk memasukkan hal-hal yang penting bagi bisnis anda.
Catatan penting: Di beberapa wilayah hukum, ada undang-undang ketenagakerjaan yang mengatur hal-hal tertentu yang harus anda sertakan dalam buku pegangan karyawan. Envato Tuts + memiliki pemirsa di seluruh dunia, jadi kami tidak dapat mencakup semua variasi bersifat lokal di sini. Pastikan untuk meneliti peraturan daerah yang mungkin berlaku. Sebaiknya juga memiliki buku pegangan karyawan yang diperiksa oleh pengacara sehingga anda dapat yakin bahwa anda mematuhi semua undang-undang yang relevan dan tidak membuat anda rentan terhadap tuntutan hukum di masa depan.
Oke, sekarang mari kita lihat bagian umum yang disertakan dalam buku pegangan karyawan usaha kecil.
Ikhtisar Perusahaan
Buku pegangan karyawan sering dimulai dengan pengenalan umum dan ikhtisar perusahaan. anda bisa memasukkan riwayat bisnis singkat, garis waktu peristiwa penting, dan pernyataan tentang nilai dan sasaran penting.
Kebijakan keamanan
Karyawan anda menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, dan keamanan mereka adalah hal yang paling penting. Bagian ini memberi tahu orang apa yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat atau kecelakaan di tempat kerja, bagaimana cara mengakses pertolongan pertama, prosedur keselamatan kebakaran, dan sebagainya.
Pernyataan Keragaman dan Kesetaraan
Inilah kesempatan anda untuk menunjukkan komitmen anda terhadap kesempatan yang sama di tempat kerja dan untuk menyatakan bahwa anda tidak akan mentolerir diskriminasi atau pelecehan berdasarkan usia, ras, agama, jenis kelamin atau orientasi seksual, kecacatan, dll.
Anda juga dapat memberikan rincian lebih lanjut tentang apa yang tergolong diskriminasi dan pelecehan, sehingga orang-orang mengerti tentang apa yang tercakup, dan memberi karyawan sebuah prosedur yang dapat mereka ikuti jika mereka yakin mereka dilecehkan atau didiskriminasikan di tempat kerja. Untuk lebih memahami keragaman, lihat rangkaian kami tentang keragaman di tempat kerja.
Bayar dan Manfaat
Berikan rincian kapan dan bagaimana karyawan dapat mengharapkan untuk dibayar, bagaimana pajak dan deduksi lainnya akan dikeluarkan, dan apakah mereka memenuhi syarat untuk lembur (jika beberapa karyawan dibayar lembur dan yang lainnya tidak, atau jika beberapa bekerja Penuh waktu sementara yang lain bekerja paruh waktu, buatlah klasifikasi tersebut dengan sangat jelas). Anda juga bisa memasukkan rincian jenis kompensasi lainnya seperti bonus dan opsi saham jika berlaku.
Kemudian detailkan keuntungan perusahaan yang anda tawarkan, seperti asuransi kesehatan, pensiun, dan sebagainya. Anda juga bisa memasukkan rincian kebijakan cuti bayar di sini, seperti cuti orang tua, cuti sakit, uang liburan, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat, lihat tutorial sebelumnya di seri ini:
BISNIS
Cara Menawarkan Biaya dan Keuntungan Bisnis yang Kompetitif
Kode Etik
Standar apa yang anda harapkan dari karyawan anda? Di sinilah anda bisa menentukan semuanya dari kode berpakaian hingga tingkat kehadiran dan ketepatan waktu yang diharapkan. Anda juga bisa menangani hal-hal seperti penggunaan internet dan media sosial, jika anda ingin membatasinya.
Terserah anda, berapa banyak detail yang ingin anda tuliskan. Beberapa perusahaan memilih untuk tidak memberikan daftar peraturan yang menghukum di sini, alih-alih memberikan panduan umum dan membiarkan karyawan menggunakan kebijaksanaan mereka sendiri. Anda akan melihat beberapa contoh di kemudian hari. Mungkin masih ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan secara ketat dan jelas dengan buku pegangan usaha kecil anda, seperti kebutuhan untuk merahasiakan data perusahaan dan klien.
Disiplin dan Penghentian
Beri tahu karyawan tentang apa yang menjadi dasar tindakan disipliner dan tindakan apa yang akan diambil. Biarkan mereka tahu apa yang bisa mereka lakukan jika mereka merasa diperlakukan tidak adil. Maka anda bisa menetapkan kebijakan tentang apa yang terjadi jika terjadi pemberhentian.
Ingatlah bahwa setiap prosedur disiplin yang anda lakukan di bagian ini mungkin saling mengikat, maka berhati-hatilah untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin anda ikuti dalam setiap kasus. Misalnya, jika anda menyatakan dalam buku pegangan bahwa anda memberi serangkaian peringatan lisan dan tertulis untuk masalah disipliner, anda mungkin mendapat masalah jika nantinya anda memecat karyawan tanpa memberi semua peringatan itu.
Pengakuan Tanda Terima
Penting untuk mendokumentasikan fakta bahwa setiap karyawan diberi salinan buku pegangan tersebut. Jadi mintalah setiap karyawan menandatangani sebuah pengakuan atas penerimaan buku pegangan ini-biasanya disertakan di bagian akhir buku, untuk ditandatangani dan diambil sebagai surat keterangan, sehingga Anda dapat menyimpan salinannya dalam arsip personelnya. Jika terjadi perselisihan nanti, ini membuat orang tidak bisa mengklaim bahwa mereka tidak mengetahui kebijakannya.
Pemberitahuan hukum
Bila anda memiliki seorang pengacara yang meninjau kembali buku pegangan karyawan anda, mereka mungkin menyarankan anda memasukkan kata-kata tambahan, yang menyatakan, misalnya, buku pegangan tersebut adalah panduan, bukan kontrak, dan bahwa pekerjaan masa depan tidak dijamin. Kata-katanya akan tergantung pada posisi dan situasi anda, jadi pastikan untuk mendapatkan nasihat hukum individual.
4. Template dan Contoh Pegawai Pegawai
Meskipun sebuah buku pegangan karyawan adalah dokumen individual untuk setiap perusahaan yang mungkin ingin anda buat sendiri, tentu saja dapat sebuah template dapat menjadi contoh yang membantu memulai mengerjakannya. Jadi, di bagian ini, saya akan menautkan beberapa sumber berguna untuk template buku pegangan karyawan. Kita juga akan melihat beberapa contoh di kehidupan nyata. Ini bisa membantu anda dengan menulis buku pegangan usaha kecil atau pegawainya sendiri.
Template Buku Pegangan Pegawai
Ada beberapa situs di mana anda bisa menemukan buku pegangan karyawan. Sebagai contoh, Human Resource Solutions di Inggris menyediakan template handbook karyawan gratis di situsnya. Dokumen itu panjangnya 40 halaman dan cukup rinci, jadi ini akan menjadi titik awal yang baik untuk membuat dokumen anda sendiri.
Atau, untuk sesuatu yang lebih dipersonalisasi, cobalah alat berbasis web ini yang disediakan oleh Rocket Lawyer. Alih-alih menyediakan template, ini memungkinkan anda membuat dokumen anda sendiri secara online dengan memberikan informasi tentang perusahaan anda dan kebijakan yang ingin anda sertakan. Anda perlu mendaftar ke pengadilan keanggotaan secara gratis untuk Rocket Lawyer untuk mendapatkan hasil akhir.
Ada lebih banyak template dan pembangun dokumen di luar sana. Cobalah FitSmallBusiness, misalnya, atau FormSwift. Ingatlah bahwa beberapa template yang akan anda temukan online disesuaikan dengan peraturan di negara tertentu, jadi anda mungkin perlu mengubahnya dan / atau mendapatkan saran hukum jika anda berbasis di tempat lain.
Ingat juga bahwa semakin banyak personalisasi yang bisa anda lakukan, semakin baik. Gunakan template sebagai titik awal, bukan produk jadi. Seperti yang akan anda lihat berikut ini, sebuah buku pegangan yang benar-benar pribadi bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk berkomunikasi dengan karyawan anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar