KONSULTAN KLINIK
BERPENGALAMAN, +62 0813-9864-6177, Tips Meningkatkan Omset Usaha
Konsultan
Bisnis dan Manajemen, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Adalah,
Konsultan Bisnis Adalah.
Ketika Anda sudah memiliki sebuah bisnis tentunya
menginginkan bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang dan meningkatkan
pendapatan.
Untuk menumbuhkan bisnis kecil, Anda membutuhkan banyak
keringat, kerja keras, dan terkadang waktu malam pun tanpa tidur.
Dengan memiliki bisnis sendiri, Anda memiliki banyak
pilihan untuk meningkatkan keuntungan Anda. Karena itulah yang diinginkan semua
orang.
Anda akan terus berpikir dan berusaha semaksimal mungkin
untuk mengembangkan bisnis Anda.
Dan untuk meraih pertumbuhan bisnis yang signifikan,
berikut ini 7 strategi bisnis yang bisa Anda terapkan untuk mencapai hal
tersebut.
1. Tingkatkan Calon Pelanggan Anda.
Strategi pertama yang perlu Anda lakukan adalah perlu
meningkatkan jumlah calon pelanggan yang memenuhi syarat. Proses yang Anda
gunakan untuk menarik calon pelanggan yang tertarik ke bisnis Anda.
Misalnya, jika Anda memiliki 10 calon pelanggan, lalu 5 dari
10 calon pelanggan tersebut berakhir membeli produk atau jasa dari Anda.
Nah, coba Anda untuk meningkatkan jumlah orang
yang masuk dari 10 menjadi 15. Ini digunakan supaya Anda dapat meningkatkan
laba hingga 50 persen.
2. Ubah Calon Pelanggan Menjadi Pembeli.
Startegi selanjutnya adalah dengan meningkatkan jumlah
calon pelanggan yang Anda konversikan menjadi pembeli produk atau jasa Anda.
Inilah yang akan menumbuhkan bisnis Anda dan ini digunakan
sebagai ukruan efektifitas upaya penjualan Anda.
Anda dapat menggandakan penjualan dan meningkatkan laba
jika Anda dapat meningkatkan tingkat konversi dari satu dari 10 menjadi dua
dari 10.
Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakuakan adalah
meningkatkan kemampuan Anda untuk menjual dan mengubah calon pelanggan yang
tertarik menjadi pelanggan Anda yang selanjutnya melakukan pembayaran terhadapa
produk atau jasa Anda yang telah ditawarkan.
Dan tidak ada penggantian untuk pelatihan penjualan
berkelanjutan, baik untuk Anda dan untuk setiap orang yang berbicara kepada
pelanggan, baik secara langsung atau melalui telepon.
3. Identifikasi Tantangan Anda.
Lihatlah bidang-bidang utama dalam proses penjualan Anda
dan cari cara untuk meningkatkan sedikit di setiap bidang.
Peningkatan kecil di setiap area utama dapat menyebabkan
peningkatan besar dalam hasil penjualan secara keseluruhan.
Tetap termotivasi untuk mencapai target penjualan tersebut
dapat menjadi tantangan, tetapi sangat penting untuk menumbuhkan bisnis Anda.
Kemampuan memecahkan masalah Anda adalah penentu utama dari
seberapa banyak yang dapat Anda capai dengan bisnis Anda.
4. Meningkatkan Penjualan.
Strategi keempat yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan
bisnis Anda dengan meningkatkan jumlah penjualan individu yang Anda buat untuk
setiap pelanggan yang Anda dapatkan.
Dengan meningkatkan frekuensi pembelian sebesar 10 persen,
Anda meningkatkan penjualan dan meningkatkan laba dengan persentase yang sama.
Apa saja hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat
pelanggan membeli lebih banyak dari Anda dan membeli lebih sering?
Ukuran penjualan dan laba yang Anda hasilkan dari
masing-masing berdampak pada margin keuntungan Anda.
Anda harus terus mencari cara untuk menjual lebih tinggi
kepada setiap pelanggan sehingga dia membeli lebih banyak setiap kali.
5. Kembangkan Margin Keuntungan Anda.
Margin keuntungan adalah laba kotor yang Anda hasilkan dari
penjualan setiap produk atau layanan.
Jangan pernah lekas putus asa, cobalah untuk terus mencari
cara untuk menaikkan harga atau menurunkan biaya produk atau layanan Anda.
Dan yang paling penting adalah kualitas produk atau layanan
Anda tetap dipertahankan, hal inilah yang akan meningkatkan laba per penjualan.
Setiap rupiah Anda menaikkan harga dan jika Anda menahan
biaya tetap, ini akan menghasilkan laba bagi Anda.
Setiap rupiah Anda mengurangi pengeluaran dan jika Anda
menahan penjualan dan pendapatan tetap, ini pun akan menghasilkan laba bersih
bagi Anda.
6. Berpikir dengan Cerdas.
Keenam, Anda dapat menurunkan biaya untuk mendapatkan
pelanggan. Ini berarti menurunkan jumlah yang Anda bayarkan untuk mendapatkan
setiap pelanggan yang membayar.
Terus cari cara yang kreatif dan inovatif untuk
meningkatkan iklan dan promosi Anda sehingga biayanya lebih murah untuk membeli
setiap pelanggan.
Ini dapat berdampak dan meningkatkan laba bisnis Anda secara
dramatis.
7. Ingat Referensi Pelanggan.
Pikirkan cara untuk meningkatkan rujukan pelanggan.
Referensi menjadi prospek potensial sebagai hasil dari pelanggan saat ini yang
merekomendasikan bisnis atau layanan Anda.
Mengembangkan satu atau lebih sistem rujukan yang telah
terbukti untuk bisnis Anda dapat berdampak besar pada penjualan dan bisnis
Anda.
Dari mulut ke mulut adalah alat penting untuk semua jenis
bisnis apapun dan tidak boleh dikesampinkan.
Ketika Anda melakukan perbaikan berkelanjutan di semua
bidang ini dalam bisnis Anda, Anda akan menghasilkan lebih banyak uang,
meningkatkan laba, dan membangun bisnis Anda, berkontribusi terhadap kesuksesan
finansial masa depan Anda.
8. Berikan Pelayanan Terbaik.
Jangan lihat dari seberapa banyak atau besar jumlah barang
yang akan dibeli konsumen. Anda harus bersikap profesional. Hal ini penting
untuk 'mengambil hati' konsumen Anda. Jika konsumen anda puas dengan pelayanan
klinik kecantikan anda, maka konsumen akan otomatis memberikan rekomendasi
kepada keluarga dan teman-teman mereka untuk menggunkan jasa Anda.
9. Kontrol Siklus Penjualan Pada Bisnis Klinik Kecantikan
Anda.
Mengontrol siklus penjualan Anda bisa dengan melakukan
evaluasi penjualan. Hal ini wajib anda lakukan untuk mengetahui produk-produk
apa saja yang laku, kurang laku, maupun tidak laku di apotek anda. Evaluasi ini
dapat dilakukan setiap 3 bulan. Data tersebut anda kumpulkan untuk kemudian
anda analisa produk-produk apa saja yang masih dapat anda sediakan nantinya.
10. Perhatikan Ketersediaan Produk.
Apabila bisnis klinik kecantikan Anda terbilang baru maka
stoklah produk-produk yang sudah pasti laku di pasaran. Daftar tersebut dapat
dilihat di Dinkes setempat. Stok produk juga jangan terlalu berlebihan.
Sediakan produk untuk persediaan satu bulan pertama.
11. Jalin Kerja Sama Dengan Apotek Maupun Dokter.
Hubungan kerja sama ini ditujukan untuk dapat meningkatkan
pendapatan penjualan pada bisnis klinik kecantikan Anda dan juga membantu Anda
dalam penyediaan produk yang sebelumnya belum tersedia di klinik kecantikan
Anda.
Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui produk apa saja
yang biasa diresepkan oleh apotek maupun praktik dokter dan dapat menjadi
pertimbangan Anda dalam hal penyediaan produk tersebut. Mengenai kerja sama
tersebut dapat Anda lakukan menurut cara Anda sendiri.
12. Pengelolaan Laba Usaha.
Sebaiknya laba usaha yang Anda peroleh dapat Anda simpan
sebagian salah satu modal pengembangan selanjutnya untuk membuat cabang-cabang
bisnis klinik kecantikan Anda nantinya. Sisihkan laba bersih klinik kecantikan
(kira-kira 50%) untuk pengembangan usaha atau pembukaan cabang baru di daerah
lain. Dengan membuka cabang baru, penyebaran (distribusi) produk akan semakin
luas.
13. Jalin Kerja Sama Dengan Para Detailer Obat Yang Datang
ke Klinik Kecantikan Anda.
Sebaiknya dapatkan informasi terbaru lebih dulu sebelum
detailer obat datang ke tempat Anda. Jangan terburu-buru membeli produk dari
mereka, karena biasanya pada waktu-waktu tertentu mereka akan menawarkan produk
lebih murah untuk mengejar target penjualan mereka kepada bisnis klinik
kecantikan Anda.
14. Jalin Kerja Sama Dengan Klinik Kecantikan Besar.
Beberapa klinik kecantikan besar menjual produk ke sesama
klinik kecantikan dengan harga yang lebih murah daripada apa yang ditawarkan
dari distributor kepada Anda. Bangunlah kerja sama yang baik dengan mereka.
Karena selain Anda dapat berbelanja ke sana dengan harga murah, juga dapat
berbelanja berdasarkan stok yang dibutuhkan oleh klinik kecantikan Anda.
Itulah beberapa tips untuk meningkatkan pendaptan usaha
klinik kecantikan Anda. Pengelolaan atau manajemen yang tepat dalam menjalankan
bisnis dapat membuat usaha meraih sukses.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis
toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko
Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala
Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas,
Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran,
Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop,
Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis
Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar