KONSULTAN KLINIK
HANDAL, +62 813-9864-6177, PENYEBAB BISNIS SEPI
Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Jakarta Pusat, Konsultan Bisnis Jakarta Timur, Konsultan Bisnis Jakarta Barat, Konsultan Bisnis Jakarta Selatan, Konsultan Bisnis Jakarta Utara.
Penyebab Bisnis Sepi - Wirausaha
merupakan suatu proses untuk menghasilkan suatu karya yang baru, kreatif dan
inovatif dengan tujuan memberikan nilai guna dan manfaat kepada diri sendiri
maupun orang lain. Kewirausahaan atau enterpreneurship menuntut jiwa yang
pemberani dalam melakukan upaya-upaya pemenuhan kebutuhan hidup serta
menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.
Karena terbatasnya lapangan kerja,
masyarakat dituntut untuk memiliki jiwa wirausaha sehingga dapat menciptakan
kesempatan untuk berkembang bagi dirinya sendiri maupun orang lain serta
membantu menggerakkan roda perekonomian.
Akan tetapi memulai suatu usaha bukanlah pekerjaan
mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi dan masalah yang timbul di
tengah-tengah perjalanan suatu usaha. Wirausahawan harus dapat mengantisipasi
hal tersebut dan memikirkan solusi-solusi bagi permasalaahan tersebut.
Salah
satu masalah yang dapat menghadang adalah apabila usaha yang sudah dirintis
tiba-tiba mengalami kemunduran omzet atau sepi pelanggan atau pembeli. Hal
tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut adalah beberapa
penyebab Usaha Sepi Secara Umum :
1. Tidak konsisten menjaga kualitas produk
Dalam suatu perusahaan, produk memegang peran utama.
Sebagai komoditi yang ditawarkan, produk harus memiliki nilai jual dan nilai
bargaining di pasar. Selain itu memiliki konsep yang sejalan dengan visi dan
misi perusahaan.
Selain itu produk juga harus melewati tahapan standarisasi
berdasarkan kriteria-kriteria yang diinginkan konsumen. Hal tersebut untuk
menjaga kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Dengan menjaga produk tetap
diproduksi dalam kualitas yang telah dibakukan diharapkan konsumen tetap
membeli/menggunakan produk tersebut.
2. Produk yang ditawarkan kurang bersaing dengan
produk sejenis
Bisnis tanpa persaingan adalah hal yang mustahil.
Apalagi di era pasar global seperti ini, tatkala persaingan juga harus
dilakukan dengan produk-produk dari luar negeri. Untuk itu pengusaha harus
memikirkan cara agar produk yang ditawarkan memiliki kemampuan untuk bersaing
dengan produk-produk lain yang sejenis.
Persaingan dapat menjadi trigger untuk
terus berusaha mengembangkan inovasi produk tapi juga dapat menyebabkan sepinya
usaha apabila produk yang dipunyai kalah bersaing. Pengusaha yang antisipatif
harus berusaha membuat produknya memiliki positioning yang baik di mata
konsumen. Positioning adalah bagaimana suatu produk dapat membekas di benak
konsumen atau bagaimana persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Selain
strategi positioning, dapat menerapkan strategi diferensiasi untuk membedakan
produk dengan produk pesaing dan memperkuat branding yang telah dibangun.
3. Kurang pemasaran terhadap produk
tersebut
Pemasaran adalah serangkaian proses usaha yang
laksanakan untuk merencanakan, menentukan harga jual, melakukan promosi serta
menyalurkannya kepada pembeli atau pemakai barang/jasa. Pemasaran sangat
diperlukan untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai suatu produk.
Penjualan produk tanpa pemasaran yang baik tidak akan menemui titik optimal.
Untuk itu pengusaha juga harus memikirkan strategi pemasaran yang sesuai dengan
produk yang di tawarkannya.
4. Produk kurang inovatif
Pengerjaan suatu gagasan yang inovatif dapat
diimplementasikan kepada produk yang sama sekali baru dan belum diluncurkan
atau produk yang sudah ada tetapi ditindaklanjuti dengan berbagai percobaan
atau penelitian sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih konkret dan update,
atau melakukan perbaikan atau penyempurnaan terhadap suatu produk yang sudah
ada agar memberikan efek yang lebih fresh kepada konsumen.
5. Pelayanan yang diberikan kurang baik
Services atau pelayanan merupakan faktor yang penting
dalam proses penjualan suatu produk ke customer. Pelayanan yang baik dapat
menjadi pertimbangan apakah seorang customer jadi membeli atau tidak. Pelayanan
yang prima juga menjadi salah satu faktor penentu untuk mendapatkan calon
customer. Untuk itu pengusaha harus terus berupaya memberikan pelayanan yang
terbaik kepada konsumen, dan perlu memikirkan langkah-langkah pelayanan yang
dapat membuat konsumen tidak beralih ke produk yang lain.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>>
Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar