KONSULTAN KLINIK
UNGGUL, +62 813-9864-6177, CARA AGAR PELANGGAN MAU BALIK LAGI
Klinik Kecantikan Cilacap, Klinik Kecantikan di Cilacap, Klinik Kecantikan Semarang, Klinik Kecantikan di Semarang, Klinik Kecantikan Seragen, Klinik Kecantikan di Seragen, Klinik Kecantikan Jogja, Klinik Kecantikan di Jogja, Klinik Kecantikan Yogya, Klinik Kecantikan di Yogya, Klinik Kecantikan Jogjakarta, Klinik Kecantikan di Jogjakarta, Klinik Kecantikan Yogyakarta, Klinik Kecantikan di Yogyakarta.
CARA AGAR
PELANGGAN MAU BALIK LAGI
Mempunyai
pelanggan setia sangatlah penting untuk mendapatkan pemasukan jangka panjang
serta menekan biaya pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia,
anda perlu menyediakan produk dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan
yang terus berubah. Bahkan bukan sekedar memenuhi kebutuhannya, anda juga perlu
meningkatkan pengalaman dan pelayanan agar pelanggan anda semakin puas. Untuk
membuat pelanggan puas dan selalu kembali belanja ke bisnis Anda, dibutuhkan
suatu usaha yang sungguh-sungguh. Ingat, apa yang anda tabur, akan anda tuai
juga.
Konsumen
baru jelas memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pemilik bisnis maupun sales
representative sebab hal itu menandakan bahwa barang atau jasa yang ditawarkan
mampu menarik perhatian dan mendatangkan uang. Meski demikian, mengandalkan
pembeli baru tidaklah cukup sebab Anda pastinya mengharapkan agar mereka
kembali datang dan berlangganan hingga bertahun-tahun mendatang. Pelanggan
setia bagaikan “darah” yang terus mengalir dan dibutuhkan untuk kelangsungan
hidup sebuah perusahaan.
Para pebisnis tentunya menyadari akan lebih mudah dan
cepat menjual produk maupun jasa kepada seseorang yang telah memiliki kesan
baik sebelumnya, bukan? Pentingnya kehadiran pelanggan tetap membuat banyak
pemilik badan usaha berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankannya. Lalu,
seperti apa langkah yang wajib diperhatikan pebisnis profesional agar konsumen
kembali melakukan pembelian?
Berikut
ini cara agar pelanggan mau balik lagi :
1. Kenali
kebutuhan pelanggan
Apa yang
sebenarnya diinginkan para pelanggan Anda? Peningkatan kualitas produk,
infrastruktur ruangan yang harus ditambah, pelayanan yang lebih baik, atau yang
lainnya? Untuk mengumpulkan informasi tersebut, anda dapat menanyakannya secara
langsung dalam suasana yang santai (agar pelanggan tidak merasa seperti sedang
diinterogasi), mendengarkan “curhat” pelanggan mengenai kualitas yang mereka
inginkan dari bisnis Anda, atau keep in touch melalui telepon, e-mail,
Whatsapp, dan sebagainya.
Jangan pernah memotong pembicaraan saat mereka tengah
bercerita, karena hal ini tentu akan membuat mereka merasa tidak dihormati dan
tidak sungguh-sungguh didengarkan. Berikan perhatian yang lebih kepada
pelanggan dan jangan terlalu judes atau berilah senyuman kepada pelangan.
2.
Berikan bonus pada pelanggan
Umumnya,
pelanggan akan merasa senang jika menerima bonus. Apalagi, “Indonesian
customers”. Anda harus senantiasa berpikir dan mengembangkan sistem bonus
kepada pelanggan secara kreatif. Misalnya, 3 kali belanja, dapat bonus perawatan kuku gratis (pikirkan barang/jasa yang menarik dan bermanfaat
bagi pelanggan anda, agar mereka menginginkan bonus tersebut).
Gunakan sistem
yang membuat pelanggan mengejar bonus yang ada, sehingga mereka akan kembali
dan kembali lagi. Misalnya, jika pelanggan berhasil mengumpulkan 10 kupon (yang
didapat jika ia berbelanja sebesar minimal tertentu), ia akan mendapatkan
sebuah bonus. Hal ini akan mendatangkan pelanggan setia, karena pelanggan akan
mengunpulkan kupon untuk mendapatkan bonusnya.
3.
Berikan garansi
Setiap
pelanggan pasti mengingini jaminan/kepastian, karena itu, mereka biasanya
mencari barang atau jasa yang mempunyai garansi. Garansi adalah jaminan bahwa
barang atau jasa Anda memiliki kualitas yang bagus.
Berikan garansi untuk
barang dan jasa yang Anda jual dengan jangka waktu tertentu yang wajar sesuai
bentuk/sifat dari barang/jasa itu. Jika barang dan jasa anda mempunyai kualitas
yang baik mengapa takut memberi garansi? Apalagi, garansi akan membuat
pelanggan semakin loyal kepada bisnis Anda.
4. Lakukan
pembulatan harga ke bawah
Pembulatan
ke bawah berarti mengurangi harga yang harus dibayar oleh pelanggan anda menuju
satuan harga genap yang terdekat. Sebagai contoh, harga produk Anda adalah Rp.
25.475, maka anda bisa menggenapkannya ke bawah menjadi Rp. 25.400, atau
mungkin dibulatkan hingga menjadi Rp. 25.000 saja.
Lalu pastikan pelanggan tahu
bahwa harga yang mereka harus bayarkan telah dibulatkan ke bawah, misalnya
dengan mencantumkannya di bon. Secara psikologis, hal ini membuat pelanggan merasa
telah melakukan sebuah transaksi yang menguntungkan. Dan secara otomotis
pelanggan akan ingat pada toko atau bisnis Anda, sehingga mereka akan kembali.
5.
Perhatikan hal-hal kecil
Semua
pelanggan suka diperhatikan, apalagi jika mereka menerima perhatian yang
bersifat personal dan berarti. Berikut ini adalah beberapa contoh perhatian
kecil untuk pelanggan Anda:
a.Catat
nama dan tanggal ulang tahun pelanggan. Saat ia berulang tahun, berikan ucapan
selamat ulang tahun melalui email, sms atau kartu ucapan
b.Berikan
hadiah-hadiah kecil kepada anak-anak pelanggan, misalnya 1 permen ekstra atau 1
buah balon
c.Sediakan
beberapa kursi untuk pelanggan yang usia lanjut supaya mereka tidak perlu
berdiri lama
d.Sediakan
beberapa toilet yang bersih
e.Menawarkan
toilet pribadi di belakang
6.
Gunakan bahasa yang dimengerti oleh kalangan umum
Jangan
gunakan berbagai istilah bisnis yang tidak dipahami oleh kalangan umum, seperti
"Anda mau pakai COD atau installment?". sederhanakan bahasa anda
dalam proses komunikasi dengan pelanggan. Mereka tidak peduli dengan istilah
internal perusahaan Anda, apalagi jika hanya Anda dan tim Anda yang mengerti.
Mereka hanya ingin memahami produk yang mereka beli, lalu menikmatinya.
7. Bangun
komunikasi secara teratur dengan pelanggan Anda
Secara
teratur, jaga hubungan dan komunikasi dengan berbagai media seperti email,
Whatsapp atau bahkan melalui telepon langsung untuk menanyakan kabar. Pastikan
juga Anda secara rutin memberikan suatu manfaat kepada mereka, tanpa harus
terkait dengan usaha-usaha Anda untuk mempromosikan bisnis Anda.
Misalnya, Anda
dapat mengirimkan berbagai artikel yang bermanfaat untuk bisnis pelanggan Anda,
setiap bulan. Ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan secara tulus,
karena Anda tidak hanya menghubungi mereka untuk mendapatkan keuntungan atau
promosi saja.
8.
Biarkan pelanggan mengetahui info bisnis
Jika
ingin dicintai pelanggan, maka Anda harus memperkenalkan diri serta
memperkenalkan bisnis yang dijalani.Biarkan pelanggan mengetahui informasi
secara lengkap mengenai bisnis Anda. Pastikan pelanggan memiliki akses untuk
informasi ini, misalnya dengan melatih seluruh staf Anda menjawab berbagai hal
mengenai barang atau jasa yang dijual, membangun suatu situs Internet, dll.
9.
Berikan diskon
Memberikan
potongan harga di awal merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian para
pelanggan. Namun, seringkali setelah tak ada potongan harga lagi, pelanggan pun
ikut lenyap. Agar tak terjadi seperti itu, Anda disarankan untuk tetap
memanjakan pelanggan dengan memberikan diskon. Misalnya, dengan membuat kartu
diskon untuk pelanggan setia (dengan program membership). Jadi, pelanggan
tertarik untuk menjadi “pelanggan setia” itu, demi program diskon yang hanya
diberikan kepada member itu.
10.
Dengarkan dan tindak lanjuti keluhan pelanggan
Setiap
keluhan pelanggan harus didengarkan, ditampung/dicatat dan ditindak lanjuti.
Ini untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Selain itu, bagi
bisnis Anda sendiri, bagaimanapun keluhan/kritik/saran pelanggan adalah masukan
yang berguna untuk perbaikan kualitas bisnis Anda.
Jangan mudah tersinggung
pada apa yang dikatakan pelanggan. Siapkan satu buku catatan yang mencatat
seluruh keluhan dan kekesalan pelanggan Anda, bahas catatan keluhan tersebut
dengan seluruh staf Anda, pastikan setiap keluhan ditindak lanjuti, dan
perbaiki segera bisnis Anda berdasarkan masukan tersebut.
11.
Berani tampil beda
Mungkin
saja pesaing Anda, atau bahkan mayoritas bisnis serupa, menawarkan produk atau
layanan tertentu. Namun jangan sekedar ikut-ikutan, Anda perlu menciptakan
sesuatu yang bisa membedakan perusahaan Anda dari mereka. Desain yang simpel,
logo yang mudah dikenali, strategi marketing yang inovatif, atau produk dengan
beberapa fitur tambahan akan membuat pelanggan mengingat perusahaan dan membuat
mereka kembali kepada Anda.
Industri
yang kami layani :
>>>
Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket,
Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop,
Toko Roti / Bakery, Dll.
>>>
Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik
Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>>
Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding,
Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>>
Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar