KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN
KONSULTAN KLINIK KECANTIKAN
TERUJI,
+62 813-9864-6177, kecantikan, kosmetik, merawat
wajah, dokter kecantikan, salon kecantikan.
Skincare
sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, terutama dikalangan remaja. Lihat
saja bagaimana menjamurnya skincare. Masyarakat sudah mulai fokus terhadap
masalah kecantikan. Mulai cream abal abal sampai kelas mall semua laku keras. Dibeberapa
Negara kebutuhan akan industri ini begitu sangat berkembang. Penemuan produk,
alat terbaru, teknik berkembang dari waktu kewaktu dan mungkin untuk para TS
yang baru terjun di skincare akan sangat membinggungkan.
Ada begitu banyak penawaran dari banyak perusahaan yang menawarkan berbagai produk dan alat yang begitu memukau. Seolah semua masalah bisa begitu mudah diselesaikan.
Ada begitu banyak penawaran dari banyak perusahaan yang menawarkan berbagai produk dan alat yang begitu memukau. Seolah semua masalah bisa begitu mudah diselesaikan.
Nah, ini beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum
membeli atau menggunakan skincare atau produk kecantikan Dari klinik kecantikan
:
1. Saat pertama kali ingin membuka skincare, Pemilihan Lokasi
amatlah Penting. Bukankah dalam marketing mengenal 4P (PLACE,
PRICE,PROMOTION,PRODUCT). Kecuali jika anda sudah dikenal banyak orang (
POSITIONING KUAT).
2. Jangan percaya kepada marketing yang menjual produk,
karena tujuan mereka hanya satu bagaimana bisa menjual alat atau produk kepada
Anda. Dan jangan Bertanya tentang Hasil kepada marketing, karena mereka akan
bilang semua hasilnya akan memuaskan. Bertanyalah dengan Beberapa teman sejawat
yang sudah menggunakan alat atau produk tersebut. Teman sejawat tidak punya
kepentingan biasanya mereka lebih objektif.
3. Jangan menginvestasikan alat terlalu mahal, karena alat
selalu berubah, selalu muncul alat baru dalam waktu 1 tahun , bahkan 3-6 bulan
kemudian. Alat yang Anda beli 6 bulan yang lalu bisa jadi menjadi alat yang
biasa padahal Modal belum balik (kecuali jika dana Anda tak terbatas)
Anda harus hitung berapa BEP, berapa lama akan balik modal.
Alat ini anda beli bukan hanya untuk Prestige bukan. Anda
harus membedakan antara nilai dan harga.
Contohnya saja Anda begitu tertarik dengan alat laser yang
bisa menghilangkan Telangiestasia atau alat laser yang bisa mengatasi scars
bekas jerawat. Padahal Anda baru mempunyai 200-300 pasien /bulan. Dan dari
pasien tersebut katakanlah hanya ada sekitar 5% kasus scars, jadi ada sekitar
10-15 kandidat scars dan mungkin hanya 30 % dari kandidat tersebut yang
tertarik dan mau mengambil paket 5 kali. jadi hanya 3-4 pasien/bulan.
Katakanlah : 1 paket 4-6 juta/5kali.
Jadi sekitar 3-4 juta/bulan pendapatan dari alat tersebut,
modal laser tersebut katakanlah Rp. 200 - 300 juta ( untuk laser fractional
korea). Anda bisa bayangkan sekitar 4-5 tahun baru balik modal, itu pun belum
untung.
Itu jika alatnya tidak rusak dan yang lebih parah lagi jika
hasil yang didapat tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Tentu untuk
selanjutnya Anda tidak akan PD menawarkannya bukan. Dan jadilah laser yang
canggih itu barang rongsokan atau sekedar pajangan.
Jika saja Anda mau sedikit inovasi dan melakukan improvisasi,
ada banyak kasus/masalah dikulit yang bisa dilakukan dengan cara sederhana. Bukankah
membunuh seekor lalat bisa menggunakan gulungan koran bekas dari pada
menggunakan bom.
Aturan 2 dan 3 tidak berlaku jika memang dana Anda tak
terbatas.
4. Lebih baik berinvestasi pada produk home care jika memang
dana Anda terbatas. Jangan terlalu terkecoh dengan alat-alat supermahal. Alat
hanya sekedar penunjang, bukankah laser untuk menghilangkan Pigmen /flex (epidermal,
maupun dermal) tidak dapat menjamin untuk mencegah flex tidak muncul kembali
bukan.
Kecuali memang kasus-kasus seperti : nevus ota, Hudori,
congenital melanocytic, nevus becker, nuvus unius, tato mungkin Anda perlu
menggunakan laser. Tapi sekali lagi perlu dihitung berapa banyak kasus seperti
itu. Lain halnya jika Anda menjadi pusat rujukan TS lainnya.
Jadi flex akan selalu ada kemungkinan muncul kembali,
sekalipun Anda menggunakan laser seharga 400 juta dan secanggih apapun.
5. Untuk teman-teman yang baru terjun di dunia skincare, di anjurkan
untuk punya patner atau mentor dari para teman sejawat yang senior atau yang
sudah terjun dahulu. Minimal Anda bisa meminta masukan sehingga Anda tidak
perlu melakukan kesalahan yang sama. Anda bisa mengetahui produk produk mana
yang baik, atau minta rekomendasi alat apa saja yang harus dibeli atau
diinvestasikan. Yang paling gampang cari TS yang prakteknya rame.
Jangan mempertaruhkan skincare pertama Anda yang baru Anda
rintis dengan sekedar coba-coba, mencoba produk baru, mencoba alat baru akan
mahal harga yang akan Anda bayar.
Itulah mengapa dalam bisnis ada yang namanya : waralaba /
Frienchise karena : orang tidak mau belajar dari awal, tidak mau buang waktu,
tenaga, pikiran untuk memulai suatu bisnis. Saya tentunya tidak menganjurkan
juga untuk membeli waralaba jika dana terbatas. Mencari patner, mentor sudah
cukup baik untuk langkah awal.
6. Lakukan promosi
Ibarat
Anda mempunyai toko, harus ada cara yang memperkenalkan toko Anda. Jangan
pasif. Bidang skincare sangat berbeda dengan klinik 24 jam. Walaupun ada aturan
tentunya. Tetapi Anda harus melakukan sesuatu, jika Anda pasif maka Anda tidak
akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Pada tahap awal Anda harus bekerja
keras untuk membuat toko Anda dikenal orang. Tapi untuk selanjutnya jika jasa
dan produk Anda bagus, orang akan mereferensikan kepada orang lain. Hukum referal
akan menjadi kekuatan nantinya.
7. Jangan pernah menjelekkan produk atau jasa orang lain.
Jika
Anda lakukan orang lain akan bisa menilai siapakah Anda.
Lebih baik focus terhadap kelebihan produk dan jasa Anda.
Anda tidak perlu membuang energi untuk mencari kekurangan orang lain, tetapi
terus berinovasi setiap waktu.
8. Cari informasi sebanyak banyaknya.
Mencari
informasi dari literature, Teks book, media internet, eviden base, semua informasi
tentang produk yang akan Anda gunakan. Ingat jangan menelan bulat bulat semua
informasi dari siapapun, apalagi dari marketing / Produsen.
9. Coba gunakan Produk anda sendiri.
Ini
akan membuat Anda lebih confident bukan. Atau setidaknya Anda pernah mencoba
sendiri. Jangan Anda menjual produk kepada client, padahal Anda menggunakan
produk lain.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala
jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket,
Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik :
Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik
Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran,
Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop,
Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis
Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar